kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,75   -27,98   -3.02%
  • EMAS1.327.000 1,30%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Cermat memilih asuransi kendaraan


Senin, 23 April 2018 / 11:34 WIB
Cermat memilih asuransi kendaraan
ILUSTRASI. NPF pembiayaan membengkak


Reporter: Ferrika Sari, Umi Kulsum | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berkendara di jalan raya sudah tentu akan selalu dibayangi risiko. Sebut saja  risiko kecelakaan, kehilangan atau terkena dampak bencana alam. Agar Anda bisa berkendara dengan aman dan nyaman, perusahaan asuransi banyak menawarkan produk asuransi kendaraan sesuai dengan kebutuhan.

AXA General Insurance misalnya memiliki produk asuransi kendaraan bertajuk Smartdrive. Juan Cazcarra,  Chief Finance Officer AXA General Insurance Indonesia menjelaskan, produk tersebut memberikan dua pilihan jaminan. Masing-masing adalah komprehensif  untuk jaminan lengkap dan Total Loss Only (TLO) bagi yang membutuhkan perlindungan dari kehilangan total.

Jaminan yang ditawarkan dapat diperluas dengan tambahan manfaat sesuai dengan jaminan yang dipilih seperti: kerusuhan, mogok, banjir dan angin topan, gempa bumi dan tsunami dan sebagainya.

"AXA Smartdrive itu customizable. Kami memberi kebebasan bagi nasabah untuk memilih manfaat yang diperlukan. Tentunya akan berbeda untuk  masing-masing pemilik kendaraan," kata Cazcarra.

Nasabah akan menerima manfaat new for old dan bebas memilih bengkel resmi. Manfaat jaminan new for old adalah penggantian mobil baru untuk kendaraan yang mengalami kerugian TLO yang berumur kurang dari enam bulan sejak tanggal pembelian.

Ada juga manfaat bebas pilih bengkel resmi bagi pemilik kendaraan dengan nilai di atas Rp 400 juta. Mereka bebas memilih bengkel resmi yang telah menjadi rekanan untuk melakukan perbaikan kendaraannya. "AXA General juga menyediakan fasilitas online bagi nasabah," jelas Cazcarra.

Sementara Asuransi Cakrawala Proteksi menawarkan produk asuransi kendaraan dengan menetapkan tarif batas bawah untuk menarik nasabah. Komisaris Asuransi Cakrawala Proteksi, Dobias Iskandar mengatakan, perusahaannya mematok premi asuransi kendaraan berdasarkan surat edaran (SE) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Nomor 1/SEOJK.05/2017 tentang penetapan tarif premi atau kontribusi pada lini usaha harta benda dan asuransi kendaraan bermotor tahun 2017.

Manfaat yang didapatkan nasabah Cakrawala Proteksi di antaranya pusat klaim selama 24 jam, jasa mobil derek, jaringan kantor yang luas dan pemilihan sparepart asli untuk penggantian klaim. "Bisa juga lewat online di aplikasi Cakrawala Proteksi online," kata Dobias.

Perencana keuangan dari Finansial Consulting, Eko Endarto mengatakan, ada kiat dalam memilih produk asuransi kendaraan yang tepat. Pertama, pastikan produk asuransi yang akan Anda pilih sesuai dengan kebutuhan. Apakah untuk keamanan kendaraan dari kerusakan, kehilangan atau lainnya.

Kedua, pastikan premi yang dipasang asuransi yang Anda pilih sesuai dengan kemampuan membayar Anda. Nilai premi asuransi kendaraan yang dibayar seharusnya tidak melampaui 10% dari pendapatan per bulan.

Ketiga, pastikan perusahaan asuransi tersebut memiliki reputasi yang baik. Keempat, pastikan perusahaan asuransi tersebut memberikan rekomendasi rekanan bengkel resmi untuk mempermudah Anda. Kelima, baca secara seksama isi perjanjian asuransi kendaraan. Dan, keenam, sesuaikan nilai asuransi dengan harga serta usia kendaraan Anda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×