kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45918,34   9,03   0.99%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CIMB Group Ingin CIMB Niaga Jadi Pemain Utama Syariah


Minggu, 09 Mei 2010 / 18:57 WIB
CIMB Group Ingin CIMB Niaga Jadi Pemain Utama Syariah


Reporter: Sopia Siregar | Editor: Uji Agung Santosa

KUALA LUMPUR. CIMB Group ingin Bank CIMB Niaga, anak usahanya di Indonesia, menjadi pemain utama di industri finansial dan investasi syariah nasional dan global.

"Kami akan mendorong CIMB Niaga menjadi penyumbang terbesar terhadap laba group. Salah satu strategi yang kami siapkan adalah mengembangkan bisnis syariah di CIMB Niaga," ujar Chief Executive Officer (CEO) CIMB Group, Dato' Sri Nazir Razak, dalam konferensi pers di Kuala Lumpur, Jumat (7/5).

Nazir mengungkapkan beberapa alasan kenapa CIMB Group yakin CIMB Niaga mampu bersaing di bisnis syariah. Pertama, CIMB Niaga memiliki induk yang sangat kuat di bisnis syariah. Dia menjelaskan, Bank CIMB Malaysia, yang 100% sahamnya dimiliki CIMB Group, merupakan bank investasi syariah terbesar di dunia dan bank pemberi pembiayaan konsumen syariah terbesar kedua di dunia. "CIMB juga merupakan bank dengan bisnis syariah yang pertumbuhannya paling cepat," terang Nazir.

Kedua, perkembangan pasar finansial dan investasi syariah di Indonesia sangat pesat. Apalagi porsi syariah terhadap total industri finansial masih sangat kecil. Contoh, porsi perbankan syariah di Malaysia terhadap perbankan konvensional mencapai 18%. Sedang di Indonesia porsi perbankan syariah terhadap total industri hanya 3%.

Sementara, dengan target pertumbuhan ekonomi Indonesia yang sekitar 5,5%-6%, pertumbuhan perbankan nasional diprediksi bisa mencapai lebih dari 20% tahun ini. Nah, bisnis syariah CIMB Niaga diharapkan bisa ikut memberi kontribusi terhadap pertumbuhan penyaluran kredit bank. "Bank syariah CIMB Niaga bisa berkontribusi lewat bisnis micro banking dan consumer banking yang sudah jadi kekuatan selama ini," jelas Nazir.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×