kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

CIMB Niaga masih memburu perusahaan pembiayaan


Senin, 23 Agustus 2010 / 07:32 WIB
CIMB Niaga masih memburu perusahaan pembiayaan


Reporter: Roy Franedya |



JAKARTA. Niatan Bank CIMB Niaga untuk bisa mengakuisisi perusahaan pembiayaan (multifinance) masih tersendat-sendat. Pasalnya, CIMB Niaga masih melakukan proses penjajakan terhadap perusahaan multifinance yang akan diakuisisinya.

Direktur Utama Bank CIMB Niaga Arwin Rasyid mengatakan, rencana awalnya akusisi multifinance ini rampung pada akhir semester I 2010. Waktu ini CIMB Niaga sudah menyaring dua sampai tiga multifinance yang diakuisisi. "Namun rencana itu, batal karena tidak ada kecocokan didalam harga," kata Arwin.

Arwin bilang pihaknya masih berniat untuk melakukan akuisisi multifinance karena mereka berkeinginan untuk memfokuskan kredit pembiayaan kendaraan bermotor pada multifinance yang nantinya dimilik CIMB Niaga.

"Ini biar lini bisnisnya semakin fokus. Saat ini kami sedang melakukan penjajakan awal lagi, mudah-mudahan akhir tahun ini bisa terlaksana karena dalam rencana bisnis bank (RBB) kami memungkinkan untuk tumbuh nonorganik," tambahnya. Sedangkan untuk menggenjot kredit kepemilikan mobil, CIMB Niaga akan mengandalkan multifinance miliknya, yakni Saseka Gelora Finance.

"Kuartal pertama lalu, Saseka sudah menyumbangkan 15% dari total pendapatan," tambah James.

Sebelumnya, Direktur Utama CIMB Niaga Arwin Rasyid pernah mengatakan, pihaknya tengah memfinalisasi akuisisi dua sampai tiga multifinance. Rencananya, multifinance yang akan diakuisisi bergerak dalam pembiayaan sepeda motor. Total aset perusahaan yang akan diakuisisi sekitar Rp 1 triliun.

Saat ini, CIMB Niaga memang memiliki multifinance yang bernama Saseka Gelora Finance. Pada kuartal I 2010 kemarin, multifinance ini menyumbang 15% dari total pendapatan CIMB Niaga.

CIMB Niaga memiliki 96,01% saham di Saseka. CIMB Niaga berniat untuk meningkatkan kepemilikan saham di Saseka menjadi 99,99% dengan membeli 3,99% sama milik NV De Indonesische Oversees Bank (Indover) anak usaha Bank Indonesia yang dinyatakan bangkrut tahun 2008 lalu. Untuk menambah porsi saham ini CIMB Niaga sudah menyiapkan dana sebesar Rp 1,99 miliar.

"Kami akan ganti nama Saseka menjadi CIMB Niaga Oto Finance. Saat ini sedang dalam proses pengajuan ke Departemen Hukum dan HAM," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×