Reporter: Harry Muthahhari | Editor: Dessy Rosalina
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pegadaian kini sedang menjalankan uji coba pelayanan gadai melalui aplikasi. Selain memberikan pelayanan pada nasabah, aplikasi tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan jumlah nasabah.
Direktur Keuangan dan Teknologi Teguh Wahyono mengatakan, pihaknya menargetkan 6.000 agen tersebut di tahun ini. Untuk awal ini, Teguh tidak menjawab angka persis agen saat ini, tapi ia meyakini sudah di kisaran ratusan.
Ada tiga jenis agen yang dipersiapkan Pegadaian untuk melakukan perluasan pasar. Pertama, agen ahli yang punya kemampuan khusus untuk menaksir barang.
Kedua, agen penjualan yang berfungsi sebagai referal saja. “Dia mengumpulkan calon nasabah, nanti di-approve oleh tim Pegadaian,” kata Teguh saat dihubungi Kontan.co.id.
Ketiga, agen pembayaran yang berfungsi untuk menerima berbagai bentuk pembayaran, baik angsuran maupun pelunasan gadai.
Teguh mengatakan, produk ini akan diluncurkan dalam waktu dekat ini. Untuk sementara, ia belum menyebutkan waktu persis peluncuran produk tersebut.
Sekadar informasi, ratusan agen yang telah terdaftar sebagai agen Pegadaian saat ini telah tersebar di seluruh Indonesia dari Sumatera Barat sampai Papua. “Untuk Aceh belum, karena untuk yang syariah belum,” jelas Teguh.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News