kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45787,20   0,76   0.10%
  • EMAS1.012.000 0,40%
  • RD.SAHAM -0.26%
  • RD.CAMPURAN -0.11%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.06%

DANA bidik 3.500 warung jadi mitra bisnis dari Gerakan #BelanjadiWarungTetangga


Jumat, 19 Juni 2020 / 17:25 WIB
DANA bidik 3.500 warung jadi mitra bisnis dari Gerakan #BelanjadiWarungTetangga
ILUSTRASI. Aplikasi DANA, fintech dompet digital, uang elektronik


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kementerian Koperasi dan UKM melibatkan PT Espay Debit Indonesia Koe sebagai operator uang elektronik Dana dalam menggarap gerakan sosial #BelanjadiWarungTetangga. Terdapat lebih dari 3.500 warung terdaftar dalam program ini lewat platform DANA sejak 7 April 2020 hingga saat ini.

Tujuanya agar meningkatkan transaksi di warung saat tekanan Covid-19 menghadang. Dalam gerakan ini, DANA berperan mendorong pedagang kecil untuk masuk dalam platform digital atau go digital. Sehingga bisa tetap menjalankan usahanya meski dengan mengurangi mobilitas fisik di tengah pandemi.

Sebanyak 37,7% dari jumlah tersebut merupakan warung kelontong dan 18,7% merupakan warung makan. Sisanya merupakan pedagang kecil dengan berbagai jenis usaha lainnya, termasuk kios pedagang sayur di pasar.

Baca Juga: Hingga pertengahan Mei 2020, transaksi pembayaran dompet digital DANA tumbuh 50%

Sebanyak 65,3% warung atau UMKM yang mendaftarkan diri dalam program ini lewat aplikasi DANA berada di luar Jabodetabek. Angka tersebut termasuk dengan warung dan UMKM yang berlokasi di Bandung, Surabaya, Medan, dan Yogyakarta.

“Sebenarnya pelaku UMKM merupakan sektor paling terdampak dari pandemi ini. Ini kita pun bantu UMKM bisa bertahan di New Normal. Kita lakukan aktivitas social bekerja sama dengan institusi untuk beri bantuan secara teknologi,” ujar Chief Executive Officer DANA Vincent Iswara pada videoconference, Jumat (19/6).

Melalui gerakan ini, DANA mengajak masyarakat untuk mendaftarkan warung-warung di sekitar mereka. Sekaligus mendorong masyarakat untuk berbelanja di warung tetangganya untuk mendukung perekonomian rakyat.

Nantinya, warung-warung tersebut akan mendapatkan bantuan dari pemerintah. Bantuan tersebut dapat digunakan untuk membeli bahan-bahan pokok dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang menjadi mitra pemerintah.

Daftar warung yang terkumpul langsung diserahkan kepada Kemenkop UKM. Warung-warung yang sudah lolos verifikasi oleh Kemenkop UKM akan mendapatkan voucher belanja di akun dompet digital DANA milik mereka. Mereka akan dapat menggunakan voucher tersebut untuk membeli kebutuhan pokok dari PT Bhanda Graha Reksa melalui aplikasi Mitra Warung Pangan.

Baca Juga: Teten Masduki: UMKM didorong terlibat dalam pengadaan barang dan jasa pemerintah

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×