kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,21   13,90   1.53%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

DANA Jadi Dompet Digital Pertama yang Terapkan QR Cross Border di Malaysia


Selasa, 09 Mei 2023 / 16:07 WIB
DANA Jadi Dompet Digital Pertama yang Terapkan QR Cross Border di Malaysia
ILUSTRASI. DANA dipercaya menjadi dompet digital pertama untuk menerapkan QR Cross Border di Malaysia.


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Espay Debit Indonesia Koe atau DANA dipercaya menjadi dompet digital pertama untuk menerapkan QR Cross Border di Malaysia.

CEO & Co-Founder DANA Indonesia Vince Iswara mengatakan, guna memberikan pengalaman bertransaksi digital yang optimal di negara-negara penyelenggara QR cross border, pihaknya membekali dompet digital DANA dengan teknologi yang aman dan tepercaya.

“Harapannya, keikutsertaan DANA dalam implementasi QR Cross Border, dapat berkontribusi dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan sesuai arahan Blueprint Sistem Pembayaran Indonesia 2025 dari Bank Indonesia,” ujarnya dalam keterangan resmi, Selasa (9/5).

Vince menjelaskan, agenda standardisasi pembayaran lintas negara melalui interkoneksi QR Code antar negara merupakan salah satu prioritas dalam Presidensi G20 Indonesia tahun 2022 dan Pertemuan Gubernur Bank Sentral ASEAN pada April 2022.

Baca Juga: DANA Sediakan Pembiayaan QRIS untuk Pengguna Lazada

“Inisiatif ini adalah langkah nyata untuk mendukung terciptanya ekosistem sistem pembayaran ASEAN yang terhubung dan interoperable dalam memperkuat pemulihan ekonomi,” jelasnya.

Dia bilang, pembayaran lintas negara diawali dengan dengan negara Thailand pada Agustus 2022 lalu dan dilanjutkan dengan negara Malaysia, setelah melewati fase uji coba dan fase komersial.

“Selain mengimplementasikan QR Cross Border, partisipasi DANA dalam mendorong adopsi QRIS di Indonesia masih terus dijalankan dengan berbagai upaya,” terangnya.

Caranya, baik melalui kemudahan proses onboarding mitra maupun menjaga keamanan pembayaran bertransaksi digital.

Baca Juga: Begini Cara DANA Menjaga Keamanan dalam Bertransaksi QRIS

“DANA kini telah dipercaya oleh lebih dari 24,9 juta merchant yang tergabung dalam jaringan QRIS nasional, termasuk 500.000 UMKM mitra DANA Bisnis yang memanfaatkan QRIS sebagai metode pembayaran,” tandasnya.

Sebagai informasi, Bank Indonesia (BI) dan Bank Negara Malaysia (BNM) meresmikan implementasi interkoneksi pembayaran antara Indonesia dengan Malaysia menggunakan QR Code. Peluncuran ini merupakan tindak lanjut dari fase uji coba yang telah sukses dilakukan sejak 27 Januari 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×