kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dapat dana Rp 30 triliun, bank BUMN injak gas penyaluran kredit UMKM


Minggu, 26 Juli 2020 / 20:38 WIB
Dapat dana Rp 30 triliun, bank BUMN injak gas penyaluran kredit UMKM
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di kantor cabang BNI Jakarta, Jumat (17/7). Bank Indonesia (BI) mengungkapkan uang kartal yang diedarkan pada Juni 2020 mencapai Rp 744,9 triliun. Jumlah tersebut tumbuh melambat 2,34 persen jika dibandingkan periode sama tahun


Reporter: Laurensius Marshall Sautlan Sitanggang | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank pemerintah yang tergabung dalam Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terus mendorong penyaluran kredit pasca mendapat penempatan dana dari pemerintah. Kepala Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan Febrio Kacaribu menjelaskan sejauh ini Himbara telah menyalurkan kredit modal kerja sebesar Rp 36 triliun. 

Praktis, jumlah tersebut sudah tumbuh melampaui dari besaran dana yang dititipkan pemerintah sebesar Rp 30 triliun ke empat bank. Pemerintah melalui Kementerian Keuangan memang telah menitipkan dana ke empat bank pelat merah yaitu PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), PT Bank Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI) dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN). 

Baca Juga: Tambah modal, Pemprov Banten siap rombak manajemen Bank Banten

Sementara, komitmen keempat bank tersebut yakni menggelontorkan kredit modal kerja menjadi tiga kali lipat dalam tiga bulan dari besaran yang ditempatkan pemerintah. "Jadi ini sudah sedikit di atas janji perbankan. Jadi memang dalam 3 bulan akan terjadi Rp 90 triliun kredit modal kerja baru," ujarnya dalam Virtual Press Conference di Jakarta, Jumat (24/7) lalu. 

Sejumlah bank plat merah yang dihubungi Kontan.co.id, mengamini hal tersebut. Direktur Utama Bank BNI Herry Sidharta menegaskan mendekati akhir Juli 2020 pihaknya sudah menyalurkan lebih dari Rp 5 triliun. "Saya tidak hafal tepatnya, tapi sudah di atas Rp 5 triliun," ujarnya, Minggu (26/7). 

Lebih lanjut, bank berlogo 46 ini berambisi untuk dapat melipatgandakan dana tersebut ke dalam bentuk penyaluran kredit sebesar Rp 15 triliun paling lambat bulan September 2020. Pun, sejalan dengan arahan pemerintah Bank BNI akan fokus mendorong kredit ke sektor UMKM. 

Sementara itu, Direktur Finance, Planning, and Treasury Bank BTN Nixon LP Napitupulu mengatakan, BTN berkomitmen meningkatkan penyaluran kredit dari penempatan dana negara tersebut. Menurut Nixon sejak 25 Juni hingga 23 Juli 2020 pihaknya sudah mencatat realisasi penyaluran kredit sebesar Rp 3 triliun. 

Baca Juga: Kinerja BCA Syariah dan BRI Syariah tumbuh solid di semester I

Nixon merinci, penyaluran terbesar masih didominasi kredit ke sektor non usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM). Segmen non-UMKM tersebut menempati porsi sebesar 96% dari total ekspansi atau setara Rp 2,8 triliun. Kemudian, porsi sisanya sebesar 4% ditempati segmen UMKM atau setara Rp 122,03 miliar.

Dia menambahkan langkah BTN memacu kredit tersebut juga menjadi wujud komitmen BTN membantu pemerintah menanggulangi berbagai dampak ekonomi yang timbul akibat pandemi Covid-19. Upaya lain yang juga telah dilakukan Bank BTN yakni dengan memberikan layanan restrukturisasi bagi para debitur yang terdampak pandemi tersebut. "Kami terus memacu penyerapan anggaran tersebut dengan mengandalkan jaringan dan infrastruktur yang kuat di sektor perumahan," terangnya, Jumat (24/7) lalu. 




TERBARU

[X]
×