kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,20   -16,32   -1.74%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dengan analisis data yang tajam, presentasi lebih akurat dan penjualan melesat


Selasa, 20 April 2021 / 09:49 WIB
Dengan analisis data yang tajam, presentasi lebih akurat dan penjualan melesat
ILUSTRASI. ilustrasi technology


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Apakah perusahaan Anda sudah maksimal dalam memanfaatkan data? Dalam dunia bisnis, data bisa mengambil peran penting saat mengambil keputusan. Mulai dari menetapkan waktu promosi hingga menentukan lokasi cabang baru.

Apalagi dalam tren digital seperti saat ini. Selain proses pengumpulan data kian mudah, variable data juga makin berlimpah. 

Namun, tentu bukan hanya tentang mengumpulkan data. Berbagai informasi yang terjaring sebagai big data ini harus melalui serangkaian proses supaya bisa diterjemahkan menjadi petunjuk penting bagi perusahaan. Proses ini biasanya disebut analisis data (data analytics). 

Alhasil, kemampuan untuk menganalisis data boleh jadi nilai lebih dari perusahaan. Pasalnya, dari analisa data yang tersaji akan bisa memberi pandangan manajemen perusahaan untuk mengambil keputusan.

Baca Juga: LPS buka lowongan kerja April 2021, terbuka untuk S1 dan S2

Ambil contoh di perusahaan yang bergerak sebagai distributor home appliance. Melalui analisis data, bisa terlihat waktu penjualan kipas angin yang paling ramai. Dari sini, perusahaan pun bisa menentukan saat tepat untuk mempromosikan kipas angin untuk mendongkrak penjualannya.

Sayangnya, belum banyak perusahaan yang melakukan analisis data secara tajam. “Datanya yang masuk banyak, tapi perusahaan belum memaksimalkan peran data-data ini untuk memperoleh insight apa yang akan mereka lakukan,” terang Ikin Solihin, seorang praktisi keuangan yang saat ini menjadi pembicara dalam Webinar Kontan Academy. .

Untuk mendapatkan kemampuan menganalisis data ini, Anda bisa mengikuti Webinar Kontan Academy ‘Data Analysis & Visualisasi with Excel.

Di program pelatihan ini, Anda akan mempraktekkan langsung cara mengolah, menyajikan sekaligus mempresentasikan data data-data ini dalam bentuk dashboard yang mengesankan.

Peserta akan belajar bagaimana mengulik berbagai data yang telah terkumpul. Ikin mengatakan, output dari analisis data ini bisa digunakan dalam business reviews yang biasanya diselenggarakan setiap bulan.

“Supaya masing-masing departemen bisa mempresentasikan analisis datanya dalam bentuk dashboard interaktif,” cetus Ikin yang pernah menjadi Chief Financial Officer di berbagai perusahaan.

Baca Juga: Berkat Finansial Model, Perusahaan Bisa Berkembang Lebih Cepat!

Sesuai dengan judulnya, dalam webinar ini Ikin akan membagikan kemampuan menganalisis data dengan menggunakan Microsoft Excel. Memang ada berbagai program untuk menganalisis data, tapi Ikin memilih yang sederhana yaitu Excel.

“Tapi kami sebutnya Excel modern, kami akan praktekkan langsung cara menggali kemampuan program Excel,” jelas Ikin.

Untuk lebih detailnya, webinar ini akan menyuguhkan berbagai materi seperti, data cleaning, 50 most frequently used functions, pivottable, lookup functions & merging techniques, scenario & sensitivity analysis, interactive tables, charts dan graphs and interactive dashboard.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa klik http://bit.ly/KA-DAV2. Ayo pastikan Anda segera bergabung karena tempat terbatas!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×