kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.541.000   21.000   1,38%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Di tengah pandemi, pendapatan premi masih bertumbuh 18,9%, ini strategi BCA Life


Sabtu, 06 Maret 2021 / 18:07 WIB
Di tengah pandemi, pendapatan premi masih bertumbuh 18,9%, ini strategi BCA Life
ILUSTRASI. Presdir dan CEO BCA LIfe Rio WInardi


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Ahmad Febrian

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Praktis hampir sepanjang tahun lalu, pandemi menyengat sendi ekomomi global, termasuk Indonesia. Namun BCA Life pada tahun lalu berhasil mencatatkan pendapatan premi sebesar Rp 998,85 miliar. Pencapaian itu tumbuh sebesar 18,9% ketimbang periode sama pada tahun 2019.

Aset BCA Life juga meningkat. Yakni tumbuh 27,12% dibandingkan 2019 menjadi Rp 1,46 triliun. BCA Life mencetak laba  komprehensif sebesar Rp 91,53 miliar. Melesat 612,02% dibanding tahun sebelumnya. 

BCA Life tak hanya membukukan keuntungan. Tapi memenuhi kewajiban kepada nasabah. Antara lain pembayaran klaim dan manfaat sebesar Rp 441,78 miliar, melonjak 89,29% dibanding tahun 2019. Serta menjaga rasio pencapaian solvabilitas di atas batas minimum yang disyaratkan Otoritas Jasa Keuangan (OJK), yaitu sebesar 535,06%.

Sedangkan cadangan teknis mencapai Rp 885,58 miliar, naik 30,74% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. “Meskipun pandemi mempengaruhi perekonomian secara makro, konsistensi dan kerja keras dari seluruh staf dan manajemen menunjukkan hasil yang cukup memuaskan. Yakni pertumbuhan premi dan laba diatas rata-rata industri,” kata Rio Winardi, Presiden Direktur & CEO BCA Life dalam siaran pers, Rabu (3/3).

Rio menjelaskan, pertumbuhan ini tak lepas dari performa multichannel distribusi yang memberikan kontribusi pada pendapatan premi. Seperti telemarketing, digital, bancassurance, dan corporate business. Kontribusi besar ini merupakan hasil  kerja sama yang kuat antara BCA Life dengan Grup BCA dan partner laia dalam menyediakan solusi perencanaan keuangan yang tepat untuk nasabah.

Tahun 2020 merupakan tahun yang berat bagi Indonesia dan dunia akibat pandemi COVID-19. Namun  jalur pemasaran beradaptasi baik secara operasional maupun proses bisnis.

Sebagai contoh, jalur pemasaran bancassurance yang bekerja sama dengan sang induk, Bank Central Asia (BCA) menyapa nasabah melalui kantor cabang serta melalui teknologi online meeting dan webinar. Jalur pemasaran telemarketing juga menyesuaikan dengan penambahan area kerja agar dapat mengoptimalkan kapasitas telemarketer yang diperbolehkan di call center, dengan tetap mematuhi peraturan pemerintah dalam penanggulangan pandemi. 

Pada era pandemi yang memaksa orang harus menjaga jarak satu sama lain, BCA Life berupaya lebih dekat dengan nasabah. Caranya, memanfaatkan media digital dan internet di mana kebutuhan nasabah serta layanan dapat terpenuhi tanpa harus bertemu secara fisik.

Menjawab kebutuhan itu BCA Life mengoptimalisasi jalur pemasaran online. Melalui portal mylifeguard.id, masyarakat yang ingin memiliki perlindungan asuransi jiwa yang terjangkau tanpa keluar rumah serta memberikan kepastian dalam perlindungan dapat dengan mudah membeli secara online. 

Selama masa pandemi, sepanjang tahun 2020, BCA Life juga berpartisipasi dalam berbagai virtual event seperti KPR BCA Online Expo, Indonesia Knowledge Forum, dan Bulan Inklusi Keuangan OJK untuk tetap melakukan eduksi dan meningkatkan inklusi masyarakat pada produk dan layanan BCA Life.

Pada masa pandemi, BCA Life juga  melaksanakan tanggung jawab sosial perusahaan. Yaitu berkontribusi dalam penanggulangan pandemi dalam bentuk donasi masker medis untuk tenaga medis yang disalurkan lewat Perhimpunan Rumah Sakit Seluruh Indonesia (PERSI) bersama Grup BCA. Donasi masker ini dikirimkan langsung ke rumah sakit yang paling membutuhkan di Indonesia pada kuartal kedua tahun 2020.

BCA Life juga turut mengedukasi masyarakat akan pentingnya pencegahan penyebaran virus COVID-19 melalui artikel di website dan media sosial.  Edukasi ini diharapkan dapat membantu mengubah kebiasaan masyarakat untuk mengedepankan keselamatan dan kesehatan. Tercatat lebih dari 40 infografis dan artikel yang dibuat berkala setiap pekan untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya pencegahan penyebaran virus COVID-19, baik untuk karyawan dan tenaga pemasar BCA Life serta masyarakat umum.

Sebagai upaya untuk mendorong literasi keuangan, BCA Life juga secara aktif mengedukasi masyarakat melalui media digital, antara lain melalui webinar serta Instagram live dengan program BCARA Life. Dengan  mengangkat topik perencanaan keuangan dan asuransi setiap bulan. 

Menurut Rio, BCA Life \mendukung pemerintah untuk terus meningkatkan kesadaran akan bahaya virus COVID-19 di Indonesia dan mendorong berjalannya program 5M (mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilitas). Serta terus melakukan edukasi perencanaan keuangan yang baik untuk seluruh masyarakat Indonesia. "Kami percaya, masyarakat yang sehat dengan perencanaan keuangan yang matang, termasuk perlindungan jiwa, kesehatan dan kecelakaan yang cukup, akan membentuk masyakarat yang semakin maju,” terang Rio.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×