kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45893,68   0,26   0.03%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Didukung BRI, Produk Fashion Tioria by Caramia Siap Tembus Pasar Internasional


Rabu, 15 November 2023 / 18:19 WIB
Didukung BRI, Produk Fashion Tioria by Caramia Siap Tembus Pasar Internasional
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - BRI kembali mendorong usaha mikro kecil menengah (UMKM) terjun ke pasar global. Terbaru, jenama produk fashion lokal yang mengusung tema budaya Indonesia, Tioria by Caramia, siap merambah kancah internasional setelah keberhasilannya mengikuti program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Founder Tioria, Caramia Sitompul bercerita saat muda memiliki kecintaan terhadap seni dan budaya Indonesia. Tak mengherankan bila produk dan desain Tioria didominasi oleh syal dengan berbagai gambar dan pola yang terinspirasi dari berbagai budaya di Indonesia, seperti Borobudur, bajaj Jakarta, becak, ondel-ondel, dan lain-lain.

Caramia sendiri memiliki latar belakang pendidikan yang cemerlang di bidang seni dan fesyen. Ia mengenyam pendidikan di University of Michigan (UM), Amerika Serikat, dan melanjutkan pendidikannya di New York, AS. Tak hanya itu, ia juga pernah melakukan kolaborasi dengan sejumlah merek fesyen global ternama antara lain Calvin Klein (Collection, Platinum, dan Jeans), Donna Karan, DKNY, Kate Spade, Macy's, Ralph Lauren, dan lain-lain.

Baca Juga: Traveling Makin Nyaman, Transaksi di Singapura Bisa Pakai QRIS BRImo dari BRI

Melalui produk-produknya yang unik dan orisinal, Tioria telah berhasil menarik perhatian masyarakat luas. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya penjualan produk Tioria dari tahun ke tahun.

Kini Tioria telah memiliki 200 jenis produk baik dari fesyen maupun aksesoris dengan tema budaya Indonesia. Lewat produk yang khas inilah Tioria kemudian bisa mengikuti program BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR.

Ibu Caramia, Joyce Sitompul mengungkapkan BRILIANPRENEUR bisa menjadi jembatan bagi para pelaku UMKM yang memiliki impian untuk masuk pasar internasional. Menurut wanita yang juga rekanan bisnis Caramia itu, Tioria sudah melakukan berbagai persiapan matang dalam menyambut BRILIANPRENEUR 2023 yang akan digelar 7-10 Desember 2023. Beberapa konsep yang sudah disiapkan antara lain desain yang terinspirasi kebaya kutu baru, makanan tradisional asinan, petani Indonesia dan pasar bunga Rawa Belong.

“Awalnya kami bikin summer shirt tahun lalu, salah satu tema desainnya pedagang kaki lima. Dilihat BRI dan langsung mengundang untuk ikut di Bazaar Road to UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR 2023 memeriahkan Kick Off HUT BRI ke-128 tahun. Sudah melewati proses kurasi, ini jadi kesempatan sebisa-bisanya kami untuk melompat ke pasar yang lebih luas,” kata Joyce.

Menurut Joyce, BRILIANPRENEUR bisa menjadi jembatan bagi para pelaku UMKM yang ingin melebarkan produk ke pasar internasional. Joyce pun mengungkapkan Tioria sudah melakukan berbagai persiapan matang dalam menyambut BRILIANPRENEUR 2023.

Sejauh ini sudah ada lima budaya yang telah dituangkan ke dalam produk Tioria antara lain DKI Jakarta, Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, dan Sumatera Utara. Joyce juga mengungkapkan bahwa Caramia masih memiliki cita-cita untuk mengunjungi banyak daerah lainnya agar bisa menciptakan produk autentik. Joyce pun optimis bahwa BRILIANPRENEUR nanti bisa mendukung aspirasi yang dimiliki Tioria.

Dengan produk-produk yang unik dan orisinal, Tioria by Caramia siap membuktikan bahwa produk lokal heritage juga bisa dicintai dunia. “Kami akan menampilkan produk-produk Tioria dengan konsep yang unik dan menarik. Kami ingin menunjukkan bahwa produk lokal heritage juga bisa bersaing di pasar global,” ujar Joyce.

Baca Juga: Kolaborasi BRI dan BPJS Ketenagakerjaan Berikan Perlindungan Bagi Penerima KUR

Direktur Bisnis Kecil dan Menengah BRI, Amam Sukriyanto, mengungkapkan bahwa BRI UMKM EXPO(RT) BRILIANPRENEUR merupakan salah satu langkah konkret BRI dalam mendukung UMKM Indonesia merambah pasar internasional. Kisah Tioria by Caramia menjadi bukti bahwa UMKM lokal Indonesia memiliki potensi yang besar untuk go global. Dengan dukungan dari berbagai pihak, UMKM Indonesia dapat bersaing di pasar global dan menjadi salah satu penggerak perekonomian nasional.

“Kami berharap kisah Tioria by Caramia dan UMKM lain yang berhasil memberi cerita inspiratif bagi pelaku UMKM lainnya di Indonesia,” ujar Amam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Practical Business Acumen Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×