kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.533.000   0   0,00%
  • USD/IDR 16.180   20,00   0,12%
  • IDX 7.096   112,58   1,61%
  • KOMPAS100 1.062   21,87   2,10%
  • LQ45 836   18,74   2,29%
  • ISSI 214   2,12   1,00%
  • IDX30 427   10,60   2,55%
  • IDXHIDIV20 514   11,54   2,30%
  • IDX80 121   2,56   2,16%
  • IDXV30 125   1,25   1,01%
  • IDXQ30 142   3,33   2,39%

Digitalisasi layanan, Taspen gandeng Telkom


Rabu, 18 Oktober 2017 / 14:16 WIB
Digitalisasi layanan, Taspen gandeng Telkom


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dua perusahaan pelat merah, PT Telekomunikasi Indonesia dan PT Taspen sepakat untuk menggalang menjalin sinergi guna mengembangkan dan mengimplementasikan digitalisasi bagi pelayanan pembayaran pensiun.

Direktur Utama Taspen Iqbal Latanro bilang dengan kerjasama ini, diharapkan Taspen dapat memperoleh data pensiunan yang valid. “Kerjasama pengembangan dan implementasi digitalisasi ini diharapkan dapat menjadi solusi terbaik dalam pengendalian pembayaran pensiun sesuai dengan prinsip 5T salah satunya yaitu Prinsip Tepat Orang sebagai bentuk proof of life atau pembuktian penerima pensiun masih hidup,” kata Iqbal Latanro dalam keterangan tertulis, Rabu (18/10).

Digitalisasi juga dinilai memudahkan dalam proses monitoring dan rekonsiliasi serta meminimalisir terjadinya fraud. Pengembangan dan implementasi digitalisasi ini dilakukan melalui penerapan Taspen Smartcard dan pengembangan sistem e-New Dapem.

Taspen Smartcard berfungsi sebagai Kartu Identitas Pensiun yang berbasis data biometric dan juga berfungsi sebagai Kartu ATM dan Debit.

Taspen Smartcard juga juga dikembangkan sebagai kartu yang memiliki manfaat tambahan dimana peserta pensiun dapat menikmati potongan harga/diskon di beberapa merchants. Adanya kartu multifungsi ini diharapkan mampu meningkatkan kepuasan peserta.

Penerapan smartcard juga didukung sistem aplikasi elektronik data pembayaran e-New Dapem, yaitu pengembangan sistem e-Dapem existing yang mengintegrasikan mitra bayar dengan satu aplikasi secara melalui perangkat verifikasi/otentikasi berupa device pada mitra bayar dan peserta TASPEN.

Direktur Enterprise & Business Service Telkom Dian Rachmawan menambahkam dlam kerjasama ini, TelkomGroup menyediakan layanan Information & Communication Technology (ICT) terintegrasi untuk mendukung penerapan Taspen Smartcard dan e-New Dapem tersebut meliputi digitalisasi proses improvement, digital culture transformation, customer experience, dan sebagainya.

Telkom juga menyediakan peralatan pendukung pendaftaran peserta (enrollment) seperti kamera, laptop, dan scanner perekam wajah, sidik jari dan suara untuk otentifikasi data, termasuk status hidup pensiunan.

Selain itu, TelkomGroup juga menyiapkan solusi digital berupa aplikasi web-based dan network agar data bisa diakses secara real time dari kantor-kantor cabang Taspen dan mitra-mitra bayar Taspen; data center untuk keperluan pengelolaan database, sistem payment switching, sistem otentifikasi dan verifikasi, helpdesk & contact center, serta sistem pendukung Taspen Smartcard.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective Bedah Tuntas SP2DK dan Pemeriksaan Pajak (Bedah Kasus, Solusi dan Diskusi)

[X]
×