kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45891,33   -9,49   -1.05%
  • EMAS1.338.000 0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Dukung UMKM Naik Kelas, Pegadaian dan BRI Sediakan Pinjaman dengan Jaminan BPKB


Jumat, 02 Februari 2024 / 19:57 WIB
Dukung UMKM Naik Kelas, Pegadaian dan BRI Sediakan Pinjaman dengan Jaminan BPKB
ILUSTRASI. Kontan - BRI Ultra Mikro Kilas Online. JAKARTA,26/12-OPTIMISME PEGADAIAN DI 2023 Karyawan melayani nasabah di salah satu kantor cabang Pegadaian di Jakarta, Senin (26/12/2022). PT Pegadaian optimis dalam menghadapi tantangan potensi perlambatan ekonomi yang akan terjadi pada tahun depan yang diakibatkan oleh adanya resesi global. Optimisme ini seiring dengan Pegadaian yang memiliki produk yang beragam. KONTAN/Fransiskus Simbolon


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Anggota Holding Ultra Mikro (UMi) milik PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk, PT Pegadaian, menyediakan akses permodalan bagi pelaku usaha mikro kecil menengah atau UMKM. Perusahaan yang berfokus pada layanan gadai itu melayani pinjaman melalui fitur Pegadaian Kreasi UMi dengan plafon pinjaman hingga Rp20 juta serta jaminan buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB).

Kepala Departemen Komunikasi Perusahaan PT Pegadaian Riana Rifani mengatakan, pinjaman melalui fitur Pegadaian Kreasi UMi ditujukan untuk keperluan produktif, sehingga dapat diakses pelaku UMKM untuk menambah modal.

“Mekanismenya sama-sama dengan cara gadai BPKB,” ucap Riana kepada Tim Kontan pada Oktober 2023 lalu.

Dengan bunga tetap (flat) mulai 1,25% per bulan, nasabah akan mendapat plafon pinjaman dalam dua kategori, yakni pinjaman usaha Rp1 sampai Rp10 juta dan Rp10 juta hingga Rp20 juta.

“Pinjaman baik Rp10 atau Rp20 juta tidak beda. Sama-sama bunga 1,25% flat per bulan dengan pola angsuran sama, termasuk tenor dan bunganya,” jelas Riana.

Waktu angsuran pinjaman UMi di Pegadaian bisa dalam tenor berjangka 3/4/6 bulan atau sekali bayar dengan tenor maksimal 36 bulan.

Untuk memperoleh pinjaman, berikut persyaratan dan mekanisme yang harus dipenuhi untuk menjadi nasabah Pegadaian Kreasi UMi:

Syarat pinjaman UMi di Pegadaian:

1. WNI usia 21-75 tahun

2. Pinjaman usaha Rp1–Rp10 juta melampirkan Surat Keterangan Usaha (SKU) yang diterbitkan RT/RW

3. Pinjaman usaha Rp10–Rp20 juta melampirkan izin usaha berupa SIUP/TDP/NIN/izin usaha mikro kecil dan sejenisnya

4. Jenis usaha yang tidak dilarang oleh pemerintah

Baca Juga: Berkat Holding Ultra Mikro, Kini Gadai Bisa Diajukan di Agen BRILink dari BRI

Mekanisme pinjaman ultra mikro di Pegadaian:

1. Nasabah pengajuan ke outlet

2. Jarak usaha maksimal 15 Km atau 1 jam dari outlet

3. Mempersiapkan berkas yang diperlukan oleh tim mikro (survei)

4. Tim mikro mengonfirmasi ke nasabah apabila sepakat dengan pembiayaan mikro

5. Tanda tangan akad dan pencairan

Dokumen yang diperlukan:

1. Foto Nasabah

2. Foto KTP Nasabah dan Pasangan/Keluarga dalam Satu Kartu Keluarga

3. Foto Kartu Keluarga

4. Foto Jaminan

5. Foto Usaha

6. Foto Tempat Tinggal

Baca Juga: BRI Sediakan Layanan Ultra Mikro Mulai dari Pinjaman Hingga Gadai di Agen BRILink

Calon nasabah di daerah juga tak perlu khawatir. Sebab, pelayanan pinjaman ultra mikro ini dapat diakses di seluruh outlet Pegadaian di Indonesia. Melansir Kontan.co.id, per September 2023 Holding UMi (bersama dengan Permodalan Nasional Madani atau PNM) memiliki outlet fisik sebanyak 15.300 unit dengan rincian sebanyak 6.809 outlet BRI, 4.087 unit kantor Pegadaian, dan 4.482 kantor PNM. Selain itu, ketiganya juga punya jaringan kantor bersama, yaitu Sentra Layanan Ultra Mikro (SenyuM) sebanyak 1.016 unit.

Jaringan tersebut didukung oleh tenaga pemasar mikro sebanyak 74.200, terdiri dari 29.900 Mantri BRI, 2.500 penaksir Pegadaian, dan 44.800 Account Officer (AO) PNM.

Untuk mempermudah akses nasabah terhadap pembiayaan, holding UMi telah meluncurkan aplikasi SenyuM Mobile pada Oktober 2023. Di aplikasi ini, nasabah bisa mengajukan kredit secara online baik untuk produk BRI, Pegadaian, maupun PNM. Sebelumnya, holding juga sudah mendigitalisasi layanan kredit ultra mikro lewat Brispot Micro, Pegadaian Selena, dan PNM Digi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×