kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Fit and Proper Test Pengurus OJK: Hoesen Siap Hapus Produk Unitlink Bemasalah


Kamis, 07 April 2022 / 14:18 WIB
Fit and Proper Test Pengurus OJK: Hoesen Siap Hapus Produk Unitlink Bemasalah
ILUSTRASI. Salah satu calon pengurus OJK yakni Hoesen siap menghapus produk unitlink bemasalah jika diperlukan.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Beberapa masalah terkait produk asuransi unitlink memang jadi buah bibir dalam beberapa waktu terakhir. Calon Kepala Eksekutif Pengawas Industri Keuangan Non Bank (IKNB) Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Hoesen pun siap menghapus produk unitlink bermasalah tersebut jika memang diperlukan.

“Saya tidak ada masalah kalau misal pada akhirnya kita harus mencabut (produk) itu, maka akan kita lakukan,” ujar Hoesen dalam uji kepatutan dan kelayakan (fit and proper test) di Komisi XI DPR RI, Kamis (7/4).

Hanya saja, Hoesen pun menegaskan tidak akan serta merta bisa mencabut produk untlink bermasalah tersebut. Ia akan melihat secara objektif apakah memang produk tersebut tidak memiliki manfaat atau hanya teknisnya saja yang bermasalah.

Baca Juga: Daftar Komisioner OJK, Mahendra Siregar Sudah Izin Presiden dan Menteri Luar Negeri

Ia berpendapat, terkait permasalahan produk unitlink saat ini ialah melakukan evaluasi. Menurutnya, pencabutan produk bukan satu-satunya jalan untuk menyelesaikan masalah tersebut.

“Di negara lain pun ada produk-produk seperti itu, tapi bagaimana penguatan-penguatan dalam perlindungan investor atau konsumen,” imbuhnya.

Hoesen menyebutkan, fungsi OJK selama ini ialah bisa mengimbangi antara kepentingan industri yang memang perlu bertumbuh, di sisi lain juga perlu memperhatikan perlindungan konsumen.

“Kalau solusinya industrinya kita tutup, lalu OJK buat apa sebagai regulator?” ujarnya.

Baca Juga: Jalani Fit and Proper Test OJK, Simak Profil Inarno Djajadi dan Doddy Zulverdi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×