kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,43   -4,87   -0.54%
  • EMAS1.318.000 0,61%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Gandeng Amartha, Bank BJB salurkan pendanaan Rp 50 miliar Ke UMKM


Jumat, 19 November 2021 / 10:52 WIB
Gandeng Amartha, Bank BJB salurkan pendanaan Rp 50 miliar Ke UMKM
ILUSTRASI. Direktur Utama Bank BJB Yuddy Renaldi. ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi/wsj.


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank BJB (PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat menggandeng PT Amartha Mikro Fintek (Amartha) untuk menyalurkan modal usaha bagi pengusaha perempuan mikro di pedesaan. 

Penyaluran kredit melalui skema channeling sebesar Rp 50 miliar pada tahap awal. Peresmian kerjasama ditandai dengan prosesi penandatangan Perjanjian Kerja Sama (PKS) yang dilaksanakan pada Rabu (17/11) di kantor pusat Amartha.

Founder dan CEO Amartha Andi Taufan Garuda Putra  mengatakan, kerja sama tersebut didorong oleh visi-misi yang sama untuk mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif dan pemerataan ekonomi.

"Kami juga membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional (PEN)," kata Andi, dalam keterangan resmi, Jumat (19/11). 

Terlebih, Amartha memiliki visi besar untuk meningkatkan kesejahteraan yang merata, melalui penyediaan akses permodalan bagi perempuan pengusaha mikro di pedesaan. Hal ini dapat terealisasi jika Amartha menjalin kolaborasi bersama institusi lain, seperti Bank BJB. 

Baca Juga: Penyaluran pendanaan Amartha ke wilayah Sulawesi capai Rp 450 miliar per Oktober 2021

Selain itu, kerjasama ini didasari oleh sejumlah faktor seperti pengembangan bisnis UMKM secara online melalui pola channeling, mendorong laju pertumbuhan bisnis UMKM serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang lebih inklusif, pemerataan ekonomi dan membuka peluang untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui platform digital.

Direktur Utama Bank BJB Yuddy Reynaldi menyampaikan, kolaborasi ini menguntungkan kedua belah pihak untuk mendorong laju pertumbuhan bisnis UMKM dan mempercepat penetrasi pasar guna meningkatkan pangsa pasar UMKM. 

Bank BJB memastikan agar fasilitas pembiayaan dapat dimanfaatkan secara optimal untuk mendukung pemulihan ekonomi. Amartha juga optimistis performa usaha mitra UMKM di wilayah Jawa akan mengalami pertumbuhan, seiring dengan membaiknya kondisi ekonomi Indonesia dan tren penurunan angka kasus Covid-19.

Sebagai informasi, hingga November 2021, Amartha berhasil menyalurkan lebih dari Rp 5 triliun kepada lebih dari 890,000 perempuan pengusaha mikro yang tersebar di lebih dari 18,900 desa di Indonesia. Amartha menargetkan penambahan jumlah mitra sebanyak satu juta perempuan hingga akhir tahun 2021.

Selanjutnya: Daftar terbaru 104 fintech berizin dan fintech terdaftar di OJK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×