Reporter: Christine Novita Nababan | Editor: Sanny Cicilia
JAKARTA. PT Asuransi Sinar Mas sepertinya ingin lebih lincah berbisnis di segmen mikro. Buktinya, selain merilis produk-produk asuransi berpremi mini, kini Sinar Mas getol merangkul mitra untuk penyaluran distribusi produknya. Perusahaan asuransi kerugian ini merangkul Columbia, perusahaan yang bergerak sebagai penyalur pembiayaan elektronik dan alat rumah tangga.
Aryanto Alimin, Direktur Sinar Mas menuturkan, pihaknya menawarkan jaminan asuransi kecelakaan diri dan sakit yang berakibat pada kematian atau cacat tetap melalui kerja sama affinity dengan Columbia. “Jaminan yang diberikan berupa santunan hingga maksimal Rp 10 juta,” ujarnya ditemui KONTAN, Jumat (14/3).
Proteksi itu diberikan kepada seluruh nasabah baru Columbia dan berlaku sepanjang tenor pembiayaan yang diambil. Tenor pembiayaan di Columbia sendiri rata-rata mulai dari 15 bulan – 24 bulan. Adapun, preminya nanti akan diselipkan masuk dalam biaya setiap pesanan nasabah.
Aryanto optimistis, penetrasi pasar mitranya yang besar itu mampu menghasilkan premi hingga Rp 7,5 miliar di tahun pertama kerja samanya. “Ini mengacu pada jumlah gerai Columbia yang mencapai lebih dari 400,” terang dia.
Darwin Leo, Direktur Operasional Columbia mencatat, bisnis penyaluran pembiayaannya mengalir ke 25.000 – 30.000 nasabah setiap bulan. Perusahaan mengklaim telah melayani sekitar 1,5 juta nasabah. “30% - 40% di antaranya bahkan melakukan pemesanan ulang. Ini pelanggan setia kami,” pungkasnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News