kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45919,51   10,20   1.12%
  • EMAS1.350.000 0,52%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Genjot kredit mikro, BRI perbanyak Teras BRI


Senin, 11 Agustus 2014 / 13:50 WIB
Genjot kredit mikro, BRI perbanyak Teras BRI
ILUSTRASI. Pilih Lokasi Perpanjang SIM Terdekat, Cek Jadwal SIM Keliling Jakarta Hari Ini 28/2


Reporter: Adhitya Himawan | Editor: Hendra Gunawan

JAKARTA. Bank Rakyat Indonesia (BRI) menargetkan pertumbuhan kredit mikro sebesar 20% di akhir tahun ini. Untuk mencapainya, BRI gencar melakukan penambahan Teras Mobil BRI. Selain itu BRI akan meluncurkan Teras Kapal BRI dan Agen Keliling BRI di Semester II tahun ini.

Menurut Djarot Kusumayakti, Direktur UMKM BRI, dengan situasi ekonomi yang diperkirakan terjadi di Semester II 2014, diharapkan target pertumbuhan 20% di tahun lalu bisa tercapai. “Tahun lalu volume kredit mikro BRI sudah mencapai Rp 132,1 triliun,” kata Djarot kepada KONTAN, pekan lalu.

Agar target ini tercapai, BRI akan menambah 308 Teras BRI di berbagai pasar diseluruh Indonesia. “Selain itu kami juga akan menambah jaringan Teras Mobil BRI keliling sebanyak 154 unit tahun ini. Sehingga diharapkan Teras Mobil BRI bisa meningkat dari 465 unit di tahun lalu menjadi 610 unit di tahun ini. Penambahan ini akan memperluas jaringan pelayanan kredit mikro di daerah-daerah yang belum memungkinkan dibuka Kantor Cabang, Kantor Cabang Pembantu, dan Teras BRI,” ujar Djarot.

Bahkan tak hanya itu, pada September mendatang BRI akan meluncurkan Teras Kapal BRI sebanyak 2 buah. Peluncuran akan dilakukan di daerah Kepulauan Seribu, dan salah satu sungai di kawasan Kalimantan. “Daerah sekitar laut dan sungai menjadi sasaran untuk kita tawarkan pelayanan jasa keuangan dari BRI, terutama kredit mikro,” tukas Djarot.

Selain itu, BRI juga akan meluncurkan program Agen Keliling BRI pada September mendatang. Konsepnya adalah di daerah yang belum terjangkau layanan kantor BRI, ada sekelompok orang yang bertindak sebagai agen BRI yang bertugas mengumpulkan permohonan pinjaman kredit mikro. “Nanti eksekusinya oleh kantor atau unit BRI yang terdekat dari situ,” pungkas Djarot.

Sebagaimana diketahui, kredit mikro BRI di semester I 2014. mencapai Rp 144,2 triliun. Jumlah ini tumbuh 18,1% dibanding kredit mikro BRI di semester I 2013 yang mencapai Rp 122,1 triliun. Pertumbuhan kredit mikro BRI di semester I tahun ini bahkan melebihi pertumbuhan total kredit BRI. Selain peningkatan outstanding pinjaman, pertumbuhan tersebut juga menghasilkan peningkatan jumlah debitur. Hingga akhir Triwulan II 2014, jumlah debitur mikro BRI mencapai 6,9 juta orang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×