kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.249.000 2,21%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Grab dan OVO Luncurkan Pembayaran Pajak dan Layanan Publik Drive-Thru di Solo


Kamis, 30 Juni 2022 / 13:57 WIB
Grab dan OVO Luncurkan Pembayaran Pajak dan Layanan Publik Drive-Thru di Solo
ILUSTRASI. Grab dan OVO meluncurkan Drive-Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) pertama untuk tiga layanan sekaligus di Indonesia bagi masyarakat Surakarta yakni bayar PBB, Pajak Kendaraan dan PDAM.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi melalui elektronifikasi infrastruktur pembayaran, Grab dan OVO meluncurkan Drive-Thru Elektronifikasi Transaksi Pemda (ETP) pertama untuk layanan pembayaran pajak di Indonesia bagi masyarakat Surakarta.

Wali Kota Surakarta, Gibran Rakabuming Raka, menyambut baik dan mengapresiasi inisiatif Grab dan OVO yang selalu memberikan inovasi untuk masyarakat. 

"Melalui fasilitas ini, pembayaran kewajiban pajak dan biaya layanan publik dapat menjadi jauh lebih praktis, hemat waktu hanya 5 (lima) menit, tanpa antre, tanpa parkir. Saat ini sudah ada mall pelayanan publik, sudah ada pelayanan online juga. Ini ada satu lagi layanan drive-thru," kata Gibran dalam siaran pers, Kamis (30/6).

Intinya kata Gibran, untuk mempermudah warga melakukan transaksi perpajakan dan lain-lain, terutama untuk notice pajak kendaraan bermotor serta masyarakat yang tetap memerlukan bukti fisik saat membayar online PBB dan PDAM. Penambahan lokasi dan penambahan layanan masih akan kita bicarakan ke depannya.

Baca Juga: Ekspansi ke Bisnis Layanan Pembayaran, Modalku Akuisisi CardUp

Inovasi ini pun sejalan dengan rencana pemerintah kota yang ingin terus mendorong peningkatan penerimaan daerah dari sektor pajak, serta mewujudkan Surakarta sebagai smart city. Hal ini pun didukung dengan capaian digitalisasi dalam berbagai kegiatan ekonomi dan transaksi di Kota Surakarta yang termasuk tertinggi di Indonesia.

Bank Indonesia (BI) bahkan mencatatkan capaian Indeks Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (IETPD) Surakarta sebesar 90% pada triwulan II 2021. Capaian itu menempatkan Kota Bengawan Solo di peringkat ketujuh secara nasional dan peringkat pertama di provinsi untuk capaian IETPD. 

Grab OVO Drive-Thru ETP ini juga diharapkan dapat memberikan kemudahan dan kecepatan dalam menyelesaikan pembayaran pajak PKB, PBB dan PDAM bagi seluruh warga Surakarta, salah satunya para atlet yang sedang sibuk berlatih untuk berlaga di ajang Asean Para Games 2022 di Solo.

President of Grab Indonesia, Ridzki Kramadibrata menjelaskan pentingnya sinergi berbagai pihak untuk mendukung upaya digitalisasi proses dan infrastruktur penunjang ekonomi daerah demi mendorong percepatan pemulihan ekonomi yang berkesinambungan khususnya setelah didera dampak dari pandemi COVID-19. 

"Grab dan OVO berkomitmen mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi daerah melalui tiga elemen besar, yaitu digitalisasi pasar untuk memudahkan pedagang dalam menjalankan usaha, Elektronifikasi Transaksi Pemerintah Daerah (ETP) untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)," kata Ridzki.

Baca Juga: OJK Berencana Batasi Super Lender di Fintech Lending, Ini Tanggapan Pelaku Industri

Presiden Direktur OVO, Karaniya Dharmasaputra mengungkapkan, OVO selalu mendukung upaya pemerintah dalam membangun ekosistem digital terintegrasi yang dapat memberikan manfaat kepada masyarakat. Termasuk juga memudahkan masyarakat dalam melakukan pembayaran pajak, salah satunya dengan membayar PBB lewat aplikasi OVO. 

Layanan ini sudah dapat dinikmati di 144 kota/kabupaten di Indonesia. Bagi pelanggan PDAM di seluruh Tanah Air pun sudah bisa membayar tagihan secara mudah lewat aplikasi OVO dan Grab.  




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×