kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ451.016,36   10,57   1.05%
  • EMAS980.000 0,00%
  • RD.SAHAM -0.27%
  • RD.CAMPURAN 0.00%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.09%

Hari ini, Line Bank resmi meluncur di Indonesia


Kamis, 10 Juni 2021 / 18:13 WIB
Hari ini, Line Bank resmi meluncur di Indonesia
ILUSTRASI. Line Bank


Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Bank KEB Hana Indonesia dan Line Corporation resmi meluncurkan aplikasi Line Bank pada hari ini, Kamis (10/6). Aplikasi ini sudah bisa mulai diunduh di Play Store dan App Store. Ini menandai transformasi Bank Hana menjadi bank digital.

Anton Hermawan, Direktur Perbankan Konsumer Bank KEB Hana mengatakan, Line Bank merupakan aplikasi digital banking yang akan menyediakan layanan perbankan digital yang nyaman dengan menggabungkan keahlian teknologi dari Line dan pengetahuan keuangan Hana Bank. 

"Tahap awal pengembangan Line Bank ini akan dimulai dengan peluncuran layanan tabungan, kartu debit, dan deposito," katanya  pada Kontan.co.id. Kamis (10/6)

Baca Juga: Tak ada lisensi khusus, perizinan bank digital di Indonesia ikuti aturan bank umum

Line Bank berencana untuk memperkenalkan berbagai produk keuangan digital yang disesuaikan dengan kebutuhan masyarakat di Indonesia. Ke depannya, lanjut Anton, Line Bank akan terus mengembangkan fitur layanan demi memenuhi kebutuhan pengguna.

Dalam mengembangkan Line Bank, Bank KEB Hana akan mengandalkan ekosistem Line yang didukung oleh komunitas yang kuat. Menurut Anton, hal itulah yang akan menjadi keunikan Line Bank yang belum ditawarkan oleh bank digital lainnya.

Dia menambahkan, pengalaman perbankan ritel Bank Hana dan didukung teknologi digital canggih Line bakal jadi pendorong utama pengembangan ekosistem digital Line Bank ke depan.

Peluncuran Line Bank akan menandai kehadiran Line Corporation pada bisnis digital banking di tiga negara. Sebelum masuk ke Indonesia, Line Bank sudah terlebih dahulu hadir di Thailand pada Oktober 2020.

Ini merupakan bagian dari usaha patungan antara Line Corporation dan Kasikorn Vision Company, anak perusahaan dari Kasikorn Bank.  Lalu, pada Februari 2021 masuk ke Taiwan sebagai bank digital.

Baca Juga: Line dan Bank KEB Hana akan hadirkan Bank Digital Line Bank

Line Corp sebetulnya telah merambah ke bisnis perbankan di Tanah Air sejak tahun 2018 dengan mengakuisisi 20% saham Bank KEB Hana melalui Line Financial Asia. Line menjadi pemegang saham kedua terbesar pada anak usaha Hana ZBank Korea Selatan itu.

Sementara Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan transformasi Bank KEB Hana jadi bank digital dengan aplikasi Line Bank masih dalam proses.

Tony Plt Deputi Direktur Arsitektur Perbankan Indonesia OJK mengatakan, proses tersebut bersamaan dengan perizinan yang diajukan enam bank lain yang akan menjadi bank digital

"Ada tujuh bank yang sedang proses menjadi bank digital saat ini yakni Bank BCA Digital, PT BRI Agroniaga Tbk, PT Bank Neo Commerce Tbk, PT Bank Capital Tbk, PT Bank Harda Internasional, PT Bank QNB Indonesia Tbk, dan PT Bank KEB Hana," kata Tony dalam Webinar, Kamis (10/6).

Dia menegaskan pendirian bank digital di Tanah Air tidak akan memerlukan lisensi khusus. Pasalnya, OJK hanya akan mengatur dua konsep bank, yakni bank umum dan  Bank Perkreditan Rakyat (BPR).

Adapun bank digital menurut OJK hanya merupakan proses bisnis sehingga perizinan untuk mendirikan bank digital tidak akan berbeda dengan pendirian bank umum.

Baca Juga: Ini empat metode kolaborasi yang bisa dilakukan bank dan fintech

Saat ini, OJK masih menggodok peraturan OJK (POJK) bank umum yang didalamnya akan mencakup mengenai bank digital. Aturan tersebut ditargetkan bakal terbit pada pertengahan tahun 2021 ini.

"Aturannya masih dalam  proses dan belum selesai. Nanti akan diinformasikan setelah aturannya rampung," ujar Teguh Supangkat Deputi Komisioner Pengawas Perbankan I OJK pada Kontan.co.id, Kamis (10/6).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×