Reporter: Nurtiandriyani Simamora | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID-JAKARTA. PT Bank Danamon Indonesia Tbk menggenjot pertumbuhan Dana Pihak Ketiga (DPK) yang bersumber dari dana murah (Current Account Saving Account/CASA) dengan mengadakan Danamon Hadiah Beruntun (DHB) untuk ketiga kalinya.
Program ini berlangsung sejak 1 Juni 2024 sampai 31 Januari 2025, dalam rangka memberikan apresiasi terhadap loyalitas dan dukungan nasabah, serta memberikan pengalaman menabung yang menarik bagi nasabah.
Diadakannya program ini juga selaras dengan strategi Danamon untuk menargetkan pertumbuhan dobel digit dari sisi pendanaan dengan profitabilitas yang berkelanjutan.
Dengan mengusung tema “Semua Bisa Menang” dan “Menang Berkali-Kali”, Danamon membuktikan bahwa pada periode-periode DHB sebelumnya, terdapat nasabah yang memenangkan hadiah berkali-kali saat undian pertama, undian kedua, hingga undian grand prize. Selain itu, persebaran pemenang juga terbilang cukup merata di seluruh Indonesia.
Ivan Jaya, Consumer Funding & Wealth Business Head, PT Bank Danamon Indonesia Tbk menjelaskan, selama dua kali penyelenggaraan, program DHB selaras dengan target Danamon untuk mencapai pertumbuhan dobel digit dengan profitabilitas berkelanjutan.
Baca Juga: Topang 4 Lini Bisnis, Berikut Strategi Bank Danamon di Semester Kedua
Hingga kuartal I - 2024, dari sisi pendanaan (funding) Danamon mencatatkan peningkatan total Dana Pihak Ketiga (DPK) bankwide sebesar 14% YoY atau sebesar Rp143,2 triliun. Sementara itu, sejak pertama diluncurkan pada April 2023 hingga kini, program DHB telah berkontribusi terhadap kenaikan DPK Consumer Banking dalam mata uang Rupiah sebesar 13%.
Secara periode, program DHB periode ketiga dilaksanakan lebih lama, yaitu selama delapan bulan sejak awal Juni 2024 hingga 31 Januari 2025. DHB kali ini juga dilengkapi berbagai fitur tambahan yang menarik, termasuk skema hadiah yang memungkinkan lebih banyak orang menjadi pemenang di segmen masyarakat yang lebih inklusif, karena nasabah cukup melakukan penempatan dana sebesar Rp5 juta dan menjaga saldo rata-rata di atas jumlah tersebut selama minimal 4 bulan.
DHB untuk periode kali ini terbagi ke dalam beberapa kategori dengan berbagai hadiah menarik, yaitu Hadiah Langsung Bulanan, Hadiah Undian Region yang dilakukan setiap empat bulan di masing-masing 12 region Danamon, dan Hadiah Undian Grand Prize yang akan dilakukan di seluruh Indonesia pada akhir periode program. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi bdi.co.id/dhb24. Detail lengkap mengenai rincian hadiah dari setiap kategori adalah sebagai berikut:
- Hadiah Langsung Bulanan
- Cashback sebesar Rp500 ribu yang berlaku kelipatan dengan maksimal cashback sebesar Rp15 juta per bulan.
- Hadiah Undian Region (dilakukan di masing-masing dari 12 region Danamon setiap empat bulan):
- 2 unit Mitsubishi Xforce Exceed;
- 10 travel voucher masing-masing senilai Rp25 juta; dan
- 30 saldo tabungan di Danamon LEBIH PRO senilai US$100.
- Hadiah Undian Grand Prize (dilakukan di seluruh Indonesia pada akhir periode):
- 1 unit Tesla Model 3
- 25 unit iPad Air
- 150 saldo tabungan di Danamon LEBIH PRO senilai US$ 100.
Ivan menegaskan, program DHB juga merupakan upaya Danamon dalam mendukung program pemerintah demi meningkatkan inklusi keuangan.
“Memasuki periode ketiga ini, kami juga melihat animo nasabah terhadap program DHB terus meningkat, yang terlihat pada peningkatan peserta DHB pertama ke peserta DHB kedua sebesar 162%," ungkap Ivan.
Lebih lanjut, apabila dijumlahkan dari kedua periode sebelumnya, Ivan menyebut sebanyak lebih dari 2.500 nasabah dari seluruh daerah di Indonesia telah memenangkan beragam hadiah, termasuk hadiah langsung bulanan, hadiah per kuartal, serta grand prize.
Dari jumlah tersebut, demografi peserta DHB cukup beragam. Melihat mayoritas profesi peserta DHB dari periode pertamanya diselenggarakan, yaitu dari profesi wiraswasta, pegawai swasta, mahasiswa, dan pelajar, hal ini menunjukkan keselarasan dengan target audiens OJK dalam meningkatkan indeks inklusi keuangan di 2024.
Peserta DHB juga tersebar di berbagai daerah, dengan peserta terbanyak adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Sumatera Utara, Jawa Timur, Banten, Jawa Tengah, Bali, Riau, Sulawesi Selatan, dan Kalimantan Barat.
“Kami ingin menjangkau lebih banyak nasabah dan masyarakat dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi. Oleh karena itu, DHB kali ini kami adakan lebih lama, hadiahnya makin banyak dan prestisius, dan program ini juga hadir dengan skema yang lebih inklusif,” tutup Ivan.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News