kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.326.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Hingga kuartal I, pembiayaan CNAF tumbuh hingga 5%


Senin, 26 April 2021 / 18:58 WIB
Hingga kuartal I, pembiayaan CNAF tumbuh hingga 5%
ILUSTRASI. Customer Service melayani nasabah di kantor CIMB Niaga Finance Bintaro Tangerang Selatan, Senin (22/3). ./pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/22/03/2021.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di saat pandemi covid-19 belum berakhir, PT CIMB Niaga Auto Finance (CNAF) mengalami kinerja yang cukup positif. Hingga kuartal I-2021, CNAF berhasil mencatatkan pertumbuhan pembiayaan hingga 5% you menjadi Rp 1 triliun.

Tak hanya itu, total aset kelolaan CNAF juga mengalami pertumbuhan yang cukup signifikan mencapai 13% yoy menjadi Rp 5,6 triliun. Pada periode yang sama di tahun lalu, total aset kelolaan CNAF hanya sebesar Rp 5 triliun.

Presiden Direktur CNAF Ristiawan Suherman mengungkapkan bahwa sejatinya pertumbuhan pembiayaan di kuartal I-2021 masih terbatas. Hal ini dikarenakan masyarakat masih menunggu kepastian terkait rumor adanya relaksasi PPnBM.

Baca Juga: Sasar sektor syariah, CNAF luncurkan produk pembiayaan porsi haji

“Rumor adanya relaksasi tersebut kan sudah ada di akhir tahun sehingga masyarakat cenderung menunggu hal tersebut di bulan Januari dan Februari,” ungkap Ristiawan dalam acara pemaparan kinerja secara virtual, Senin (26/4).

Selain itu, Ristiawan mengungkapkan bahwa kualitas dari aset kelolaan di kuartal I-2021 terbilang sehat. Hal ini berdasarkan dari indikator current ratio yang digunakan oleh CNAF untuk melihat berapa persen nasabah yang membayar cicilan tepat waktu.

Berdasarkan data CNAF, current ratio pada kuartal I-2021 berada di level 91,24%. Angka tersebut menunjukkan peningkatan dibandingkan pada periode yang sama di tahun lalu dengan level 82,23%.

Melihat kinerja yang cukup baik pada kuartal I ini, CNAF cukup optimis untuk meningkatkan target pembiayaan mencapai 25% di akhir tahun ini. Hal ini diharapkan juga mempengaruhi pertumbuhan pendapatan dan portofolio yang dimiliki.

Baca Juga: Pembiayaan alat berat di sektor multifinance mengalami peningkatan

“Strategi kami selain fokus pada pembiayaan otomotif, kami juga mulai fokus ke pembiayaan yang sifatnya syariah karena di akhir tahun lalu prinsip-prinsip syariah mulai banyak diminati. Terbaru, kami juga meluncurkan produk pembiayaan porsi haji,” ujar Direktur Keuangan CNAF Imron Rosyadi.

Selanjutnya: Pembiayaan baru BFI Finance mencapai Rp 2,93 triliun di kuartal I 2021

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×