Reporter: Diki Mardiansyah | Editor: Tendi Mahadi
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perusahaan pembiayaan berbasis teknologi PT Home Credit Indonesia (Home Credit) turut mendorong inklusi dan literasi keuangan masyarakat Indonesia melalui produk dan layanan keuangan berbasis program edukasi keuangan.
Chief Marketing & Digital Officer Home Credit Indonesia Sheldon Chuan mengatakan, Home Credit mempersembahkan program-program yang mengajak seluruh masyarakat untuk lebih mengenal berbagai produk dan layanan keuangan dari Home Credit disertai informasi keuangan secara menyeluruh.
"Home Credit membantu pelanggan dalam mewujudkan berbagai rencana dalam hidup sekaligus memberdayakan masyarakat untuk menjalani kehidupan yang mereka inginkan," kata Shledon di Jakarta, Kamis (27/10).
Program yang dilakukan Home Credit yaitu rangkaian pameran belanja multiproduk dan edukasi keuangan bernama PESTA diiringi konten-konten digital untuk tingkatkan literasi keuangan masyarakat luas.
Baca Juga: BCA Gandeng Pemrov Bali, Sediakan Fasilitas BCA E-Commerce Payment Gateway
"Gelaran PESTA diadakan di kota Bandung 23-29 Oktober, Medan 31 Oktober – 6 November, dan Manado 22-28 November," ujar Sheldon.
Sementara itu, Associate Researcher Center for Indonesian Policy Studies (CIPS) Ajisatria Suleiman menyatakan, layanan keuangan perlu dirancang secara khusus oleh perusahaan keuangan agar pelanggan dapat meningkatkan literasi keuangan pribadinya di samping mendapatkan manfaat dari layanan yang digunakannya.
"Produk dan layanan keuangan yang tepat guna idealnya mampu memberikan wawasan lebih, keterampilan, dan keyakinan bagi pelanggan saat menggunakannya," kata Ajisatria di Jakarta, Kamis (27/10).
Pasalnya, masih banyak pelanggan yang belum melek keuangan, tidak hanya kemudahan akses, namun penyedia jasa keuangan juga perlu memastikan bahwa pelanggan memahami secara menyeluruh produk dan layanan tersebut.
Adapun, CEO Finansialku.com Melvin Mumpuni menuturkan, mengedukasi pelanggan agar bisa mengelola cicilannya dengan baik, tidak lepas dari adanya usaha dalam meningkatkan kesadaran dan wawasan mereka terkait perencanaan keuangan.
Baca Juga: Sejumlah Multifinance Ramai-ramai Raup Cuan pada Kuartal III
"Perencanaan keuangan itu bisa dibuat jika seseorang telah memiliki literasi keuangan yang baik (well-literate) yang bisa membantu masyarakat dalam memaksimalkan layanan keuangan sesuai kebutuhan, sekaligus juga memahami manfaat serta resikonya secara bersamaan," pungkas Melvin.
Sebagai informasi, Home Credit mengusung transparansi atas layanan dan produknya dengan mengoptimalkan teknologi digital. Sebagai contoh, aplikasi My Home Credit kini telah diunduh oleh lebih dari 12,56 juta pengguna terdaftar.
Data per 20 April 2022, Home Credit Indonesia telah melayani lebih dari 5,5 juta pelanggan dan memiliki lebih dari 22.000 titik penjualan. Home Credit memiliki mitra saat ini adalah produsen dan peritel terkemuka baik offline dan online di antaranya Samsung, VIVO, OPPO, Realme, Erafone, Informa, Electronic City, Hypermart, Lotte Mart, ACE Hardware, Gramedia, Tokopedia, Bukalapak, Blibli.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News