kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Incar Peningkatan Transaksi di Aplikasi, Perbankan Perkuat Inovasi Fitur Beragam


Senin, 11 Desember 2023 / 12:24 WIB
Incar Peningkatan Transaksi di Aplikasi, Perbankan Perkuat Inovasi Fitur Beragam
ILUSTRASI. Bank terus berlomba-lomba meningkatkan transaksi dalam aplikasi yang dimiliki sebagai upaya transformasi digital

Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri perbankan tanah air terus berlomba-lomba meningkatkan transaksi dalam aplikasi yang dimiliki sebagai upaya transformasi digital. Hal tersebut tercermin dalam penambahan fitur-fitur beragam yang mampu menarik jumlah nasabah.

Terbaru, ada PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang meluncurkan fitur membuka rekening BRI di luar negeri dengan aplikasi miliknya BRImo. Tujuannya, memberikan kemudahan bagi para WNI di berbagai negara yang belum memiliki rekening simpanan untuk kebutuhan layanan pengiriman uang (remitansi) ke Indonesia baik untuk tujuan menabung maupun berbagai transaksi lainnya.

Direktur Jaringan dan Layanan BRI Andrijanto mengungkapkan bahwa digital transformation telah mendorong perbankan untuk menghadirkan layanan yang lengkap hanya menggunakan smartphone.

Salah satu keunggulan layanan ini adalah pembukaan rekening BRI melalui BRImo dengan menggunakan nomor handphone/SIM card setempat yang mereka gunakan.

Pada tahap awal peluncuran layanan ini dapat mengakomodir pembukaan rekening BRI dengan menggunakan nomor handphone Jepang, Korea Selatan, Hongkong, USA, Saudi Arabia, UAE, Kuwait, Malaysia, Taiwan, Singapura, Timor Leste dan akan terus bertambah ke depannya.

Baca Juga: Membandingkan Pinjaman Ultra Mikro Lewat Agen BRILink Versus Pinjaman Online

“Layanan dari BRImo ini diharapkan dapat mempermudah masyarakat ketika sedang menetap di luar negeri namun menginginkan sesuatu yang praktis dalam menyelesaikan kebutuhan finansialnya,” jelasnya dalam keterangan resmi, Senin (11/12).

Ia bilang inovasi tersebut diharapkan menjadikan BRImo aplikasi perbankan yang semakin digemari masyarakat. Tercatat, sampai dengan Oktober 2023, super app BRImo pun telah digunakan oleh lebih dari 30,4 juta user dengan volume transaksi tumbuh 60,83% yoy menjadi Rp 3.353 triliun dalam 10 bulan.

Sebelumnya, ada PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang berkolaborasi dengan Ditjen Imigrasi – Kemenkumham RI untuk mendukung Program Golden Visa dengan menginvestasikan “Jaminan Keimigrasian” melalui aplikasi Livin milik Mandiri.

Dalam hal ini, Program Golden Visa tersebut mewajibkan WNA untuk menginvestasikan Jaminan Keimigrasian baik berupa Dana yang mengendap di bank milik negara, Obligasi Negara Indonesia, Saham perusahaan di Indonesia, Reksadana maupun Investasi properti di Indonesia tergantung dari jenis Golden Visa yang dipilih oleh WNA tersebut.

WNA yang dinyatakan eligible untuk menerima program Golden Visa dapat membuka rekening Jaminan Keimigrasian tersebut di negara asal melalui superapp Livin' by Mandiri yang telah terintegrasi dengan portal Molina Ditjen Imigrasi/ portal Evisa DItjen Imigrasi.

Baca Juga: Migrasi Bisnis Ritel Milik Standard Chartered ke Bank Danamon Telah Rampung

Direktur Utama Bank Mandiri Darmawan Junaidi memaparkan, kerjasama ini akan sangat membantu WNA karena proses pembayaran dana jaminan rekening sudah dapat dilakukan sebelum tiba di Indonesia, tinggal mentransfer ke rekening yang telah dibuat di Bank Mandiri.

“Melalui kerja sama ini dan mengoptimalkan channel Livin by Mandiri, kami berharap Bank Mandiri dapat berkontribusi secara lebih optimal dalam meningkatkan perekonomian nasional,” ujarnya.

Sebagai informasi, sejak diluncurkan pada Oktober 2021 Livin’ by Mandiri telah diunduh lebih dari 32 juta kali dengan jumlah pengguna aktif mencapai 21 juta pengguna, tumbuh 55% secara year on year (YoY).

Berkat inovasi yang terus dilakukan, Livin’ by Mandiri telah mampu mengelola lebih dari 2,02 miliar transaksi per akhir September 2023, melesat 50% dibandingkan tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.


TERBARU

×