kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45987,90   -2,03   -0.21%
  • EMAS1.142.000 0,35%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Membandingkan Pinjaman Ultra Mikro Lewat Agen BRILink Versus Pinjaman Online


Senin, 11 Desember 2023 / 11:57 WIB
Membandingkan Pinjaman Ultra Mikro Lewat Agen BRILink Versus Pinjaman Online
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Ultra Mikro Online


Reporter: Pulina Nityakanti, Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Nasabah  ultra mikro yang membutuhkan layanan keuangan tidak perlu pusing. Mereka bisa mendapatkan berbagai layanan ultra mikro (UMi) lewat Agen BRILink.

Direktur Bisnis Mikro BBRI, Supari mengatakan, layanan ultra mikro di Agen BRILink meliputi pembukaan rekening Simpedes Umi, Tabungan Emas, dan pengajuan pinjaman UMi. 

Supari menegaskan, BBRI selalu berusaha memberikan kemudahan akses layanan keuangan dan perbankan kepada nasabah, termasuk nasabah ultra mikro.

Nasabah ultra mikro yang membutuhkan pinjaman dana juga bisa dengan mudah memperoleh pinjaman UMi melalui Agen BRILink. Duit pinjaman ini bisa digunakan nasabah ultra mikro untuk menopang usahanya.

Ada sejumlah syarat untuk mengajukan pinjaman UMi melalui Agen BRILink. Pertama, peminjam harus Warga Negara Indonesia (WNI). Kedua, memiliki usaha yang sudah berjalan minimal tiga bulan.

Ketiga, berumur 21 tahun atau sudah menikah. Keempat, memiliki KTP. Kelima, memiliki surat keterangan usaha (SKU) dari Kepala Desa atau Ketua RT atau Kepala Pasar atau Ketua Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan).

Supari menuturkan, suku bunga yang diberikan mulai dari 6% per tahun berdasarkan skema dan jenis produk kredit yang diberikan kepada calon debitur. Jangka waktu kredit maksimal 5 tahun per 60 bulan,” ungkapnya kepada KONTAN.

Proses penilaian dan kelayakan kredit atas calon debitur yang mengajukan permohonan melalui UMI Corner akan dilakukan oleh Tenaga Pemasar BRI (Mantri) sesuai dengan wilayah domisili calon debitur.

Selama ini ada pula pengusaha yang memanfaatkan pinjaman online (pinjol) atau financial technology (fintech). Fintech juga memerlukan beberapa dokumen sebagai verifikasi identitas bisni, seperti KTP pemilik atau pengelola bisnis, NPWP, rekening bank, serta surat yang menunjukkan legalitas bisnis. Scan semua dokumen yang diperlukan agar kamu lebih siap saat mendaftarnya.Dokumen yang diperlukan setiap penyedia layanan pinjaman online bisa berbeda.

Formulir yang diajukan di pinjaman online harus diisi selengkap mungkin. Kamu juga harus mengisi data sebenar-benarnya, mulai dari nama, nomor telepon bisnis, hingga alamat bisnis.Jangan lupa untuk membaca persyaratan atau perjanjian yang berisi hak dan kewajiban kedua belah pihak. Syarat dan ketentuan ini menjadi bentuk perlindungan nasabah selama mengajukan pinjaman tersebut.

Ada perbedaan perhitungan bunga. Jika melalui pinjol, bunga mencapai 0,4% perhari. Jangan lupa tanyakan biaya-biaya lain selain bunga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
Mastering Corporate Financial Planning & Analysis Mastering Data Analysis & Visualisation with Excel

[X]
×