kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Ini Cara Menjadi Agen BRILink


Selasa, 05 Desember 2023 / 16:00 WIB
Ini Cara Menjadi Agen BRILink
ILUSTRASI. Kontan - BRI Kilas Ultra Mikro Online


Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Wilayah Indonesia yang luas memberikan tantangan tersendiri bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan usaha mereka. Perlu upaya khusus agar layanan atau produk mereka sampai ke masyarakat. 

Di sektor perbankan, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) memberikan kemudahan akses bagi masyarakat untuk mendapat layanan perbankan dan keuangan. Yakni lewat Layanan Keuangan Tanpa Kantor dalam Rangka Keuangan Inklusif (Laku Pandai).

Dengan Laku Pandai, industri perbankan tak perlu repot mendirikan cabang. Cukup bekerjasama dengan kepanjangan tangan yang disebut agen bank. Nah, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) memberikan kemudahan akses tersebut melalui layanan BRILink. 

Agen BRILink ini juga menjadi salah satu ujung tombak BRI untuk menyalurkan kredit ultra mikro. BRI memberikan kemudahan akses layanan perbankan dan keuangan kepada masyarakat melalui layanan ultra mikro di agen BRILink. 

BRI juga membuka kesempatan bagi masyarakat untuk menjadi agen BRILink. Masyarakat yang menjadi agen BRILink pun bisa mendapatkan literasi keuangan sekaligus penghasilan tambahan.

Direktur Bisnis Mikro BRI Supari mengatakan, layanan agen BRILink meliputi transaksi perbankan seperti transfer, dan tarik atau setor tunai. “Masyarakat juga bisa melakukan transaksi pembayaran untuk PLN, tiket, dan PDAM, hingga pengajuan pinjaman maupun pembukaan rekening,” ujarnya kepada Kontan, belum lama ini. 

Untuk menjadi agen BRILink, masyarakat harus memenuhi sejumlah syarat. Pertama, memiliki usaha atau penghasilan tetap minimal selama dua tahun dengan dibuktikan dengan Surat Keterangan (SK) Usaha, sekurang-kurangnya dari perangkat desa atau SK pengangkatan pegawai tetap atau SK pensiunan.

Kedua, memiliki rekening simpanan di BRI. Ketiga, belum terdaftar menjadi agen laku pandai di penyelenggara lain.

Supari memaparkan, jumlah agen Brilink hingga bulan September 2023 sebanyak 698.717, yang tersebar di 60.520 desa dan 9.699 pasar di seluruh Indonesia. “Volume transaksi AgenBRILink hingga kuartal III 2023 telah mencapai sebesar Rp 1.040 triliun atau meningkat 7,97% yoy,” paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×