kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45863,29   1,62   0.19%
  • EMAS1.361.000 -0,51%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Intip Cara Perbankan Raup Cuan Meski Tawarkan Bunga Kartu Kredit 0%


Jumat, 14 Juni 2024 / 00:25 WIB
Intip Cara Perbankan Raup Cuan Meski Tawarkan Bunga Kartu Kredit 0%
ILUSTRASI. Konsumen melakukan pembayaran dengan kartu kredit pada kasir toko ritel di Tangerang Selatan, Minggu (8/1/2023). Bank Indonesia (BI) memperpanjang tiga pelonggaran kebijakan terkait kartu kredit. Mulanya kebijakan ini berakhir pada 31 Desember 2022, tapi diperpanjang menjadi sampai 30 Juni 2023.?(KONTAN/Carolus Agus Waluyo)


Reporter: Aldehead Marinda | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID-JAKARTA. Persaingan bisnis perbankan di tanah air semakin ketat, bahkan sejumlah bank menggunakan strategi bunga nol persen untuk nasabah yang menggunakan kartu kredit mereka.

Kendati menerapkan strategi bunga nol persen, tapi bank masih mendapatkan benefit dari kerjasama dengan merchant. PT Bank Negara Indonesia Tbk (BBNI) misalkan, memberikan promo bunga 0% kartu kredit yangu sifatnya eventual dan tidak berlangsung sepanjang tahun.

GM Divisi Bisnis Kartu BNI, Grace Situmeang kepada Kontan, Senin (10/6) mengatakan bahwa untuk mengubah transaksinya menjadi transaksi cicilan melalui kartu kredit dengan tiga skema, yakni mobile banking, aplikasi kartu kredit mobile, hingga call center BNI.

Baca Juga: Tawarkan Kartu Kredit dengan Bunga Nol Persen, Begini Cara Bank Raup Keuntungan

Grace mengatakan, walaupun pihak bank memberikan bunga 0%, skema ini dirasa tetap menguntungkan karena di sisi lain program ini dapat meningkatkan nilai dan volume transaksi kartu kredit yang berpotensi pada perolehan fee cicilan dari transaksi yang dilakukan di merchant terpilih.

"Untuk setiap transaksi dengan menggunakan kartu kredit BNI, terdapat juga komponen biaya yang dikenakan ke pemegang kartu yang menjadi fee base untuk bank penerbit." katanya.

Bank sebagai pemberi program memang memberikan bunga 0% pada nasabah. Walau begitu ada beberapa ketentuan yang diterapkan BNI.

Mulai dari minimum nilai transaksi, jangka waktu cicilan, atas transaksi yang dilakukan dilakukan di merchant. Sedangkan untuk konversi cicilan 0% taktikal via aplikasi dan BNI Call, nasabah akan dikenakan biaya konversi sesuai dengan tiering maksimal di Rp 100.000.

Baca Juga: Bisnis Kartu Kredit Bank Sinarmas Tumbuh 20%, Skema Cicilan Bunga 0% Jadi Pendorong

Sayang dalam hal ini Grace enggan merinci berapa besaran rasio kredit macet ( NPL) kartu kredit mereka saat ini. Grace hanya mengatakan bahwa NPL mereka April 2024 sedikit merevisi NPL mereka tahun lalu.

Sejalan dengan Bank BNI, Bank Sinarmas juga mencatatkan pertumbuhan kinerja kartu kredit sekitar 20% pada Maret 2024. Salah satu pendorongnya adalah penerapan cicilan bunga nol persen kartu kredit yang mereka tawarkan kepada nasabah.




TERBARU

[X]
×