kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Investree raih pendanaan US$ 10 juta dari perusahaan Swiss ResponsAbility Investments


Kamis, 28 Oktober 2021 / 13:45 WIB
Investree raih pendanaan US$ 10 juta dari perusahaan Swiss ResponsAbility Investments
ILUSTRASI. Adrian Gunadi, CEO Investree yang juga Ketua Umum AFPI


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu fintech lending, Investree baru saja memperoleh dana sebesar US$ 10 juta dari ResponsAbility Investments, manajer aset dari Swiss yang berfokus pada investasi berkelanjutan. 

Dalam hal ini, responsAbility merupakan mitra investor dari salah satu Lender Institusi Investree yang berasal dari Amerika, Accial Capital.

Dana yang diberikan oleh ResponsAbility dan Accial Capital kepada Investree ini akan digunakan untuk membiayai kebutuhan pembiayaan yang diajukan oleh borrower atau pelaku UKM Investree. 

Bagi ResponsAbility, menyalurkan pendanaan kepada Investree berarti secara langsung berkontribusi terhadap Sustainable Development Goals (SDGs) PBB, kaitannya dengan akses keuangan terbatas untuk UKM yang membatasi penciptaan lapangan kerja, memicu ketidaksetaraan, dan menghambat pembangunan ekonomi. 

Co-Founder & CEO Investree Adrian Gunadi mengatakan, pendanaan ini merupakan batu lompatan bagi Investree, di mana pada putaran pendanaan mereka yang ketiga, Accial Capital mengajak serta salah satu Co-Investor-nya yaitu ResponsAbility untuk turut mendanai. 

Baca Juga: OJK: 6 modal ventura lakukan penyertaan saham di atas Rp 100 miliar

Pasalnya, responsAbility memiliki visi yang sama yaitu investasi berkelanjutan yang berspesialisasi pada dampak.

Menurutnya, salah satu yang sampai sekarang masih menjadi case terbaik Investree adalah untuk membantu pemberdayaan perempuan/ibu-ibu pedagang ultramikro yang berada dalam ekosistem Gramindo. 

"Para pedagang ini memiliki karakteristik berkelompok, terdiri dari perempuan-perempuan tanpa akses ke bank (unbankable), dan menjalankan usaha dengan menggunakan skema konvensional maupun syariah. Kini jumlahnya sudah mencapai 5.700 di platform Investree,” ujar Adrian dalam keterangan resminya, Kamis (28/10).

Bagi responsAbility, ini merupakan model transaksi kredit yang unik di wilayah Asia Tenggara khususnya Indonesia, karena mereka bertandem dengan Accial Capital untuk bisa memberikan dukungan pembiayaan kepada UKM melalui platform Investree. 

“Kami sangat senang dapat bermitra dalam struktur inovatif ini, menyediakan pendanaan modal kerja yang sangat dibutuhkan oleh peminjam UKM-UMKM di Indonesia. Teknologi finansial merupakan pendorong utama inklusi keuangan, terutama bagi sektor UKM-UMKM. Kami senang telah menemukan kolaborasi yang tepat di Accial Capital dan Investree dengan keahlian yang dibutuhkan.” ujar Deputy Head, Financial Inclusion Debt responsAbility, Jaskirat S. Chadha

Adrian berharap dapat terus mengembangkan hubungan dengan Accial Capital sebagai salah satu Lender Institusi luar negeri awal dan responsAbility sebagai salah satu investor dampak terkemuka di dunia. 

“Kredit yang diberikan oleh kemitraan investasi juga tepat waktu karena kami, melalui solusi digital kami, terus mendukung pelaku UKM di Tanah Air untuk bertahan, pulih, dan #GrowStron6er sesuai dengan tagline ulang tahun keenam Investree melewati masa-masa sulit yang disebabkan oleh pandemi,” tutup Adrian. 

Selanjutnya: Investasi perbankan di startup lewat modal ventura mulai tuai hasil positif

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×