kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.930.000   20.000   1,05%
  • USD/IDR 16.230   -112,00   -0,69%
  • IDX 7.214   47,18   0,66%
  • KOMPAS100 1.053   7,20   0,69%
  • LQ45 817   1,53   0,19%
  • ISSI 226   1,45   0,65%
  • IDX30 427   0,84   0,20%
  • IDXHIDIV20 504   -0,63   -0,12%
  • IDX80 118   0,18   0,16%
  • IDXV30 119   -0,23   -0,19%
  • IDXQ30 139   -0,27   -0,20%

Januari 2018, BI akan terbitkan aturan RIMP


Kamis, 14 Desember 2017 / 20:53 WIB
Januari 2018, BI akan terbitkan aturan RIMP


Reporter: Galvan Yudistira | Editor: Dessy Rosalina

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Bank Indonesia (BI) memastikan akan mengeluarkan aturan mengenai rasio intermediasi makro prudensial (RIMP) pada Januari 2018. Aturan ini nantinya akan mengatur mengenai penghitungan likuiditas perbankan.

Filianingsih, Asisten Gubernur dan Kepala Departemen Kebijakan Makroprudensial BI bilang rasio intermediasi makro prudensial ini merupakan penyempurnaan aturan likuiditas yang pernah dikeluarkan BI.

"Pertama kali dikeluarkan penghitungan likuiditas perbankan menggunakan loan to deposit ratio (LDR) atau memperhatikan kredit dan DPK masing-masing sebagai pembilang dan penyebut," kata Fili dalam acara konferensi pers, Kamis (14/12).

Kemudian, pada 2016 BI menyempurnakan aturan likuiditas dengan mengubah penghitungan menjadi LFR dan memasukkan komponen surat berharga yang dikeluarkan diterbitkan sebagai komponen pendanaan.

Pada tahun depan, BI kembali akan menyempurnakan perhitungan likuiditas dengan memasukkan surat berharga korporasi yang dibeli masuk dalam penghitungan pembiayaan.

Penghitungan likuiditas terakhir ini oleh BI dinamakan rasio intermediasi makro prudensial. Dengan aturan financing to funding ratio (FFR) atau RIMP ini bisa membuat penerbitan surat berharga oleh korporasi semakin besar sehingga hal ini bisa meningkatkan pendalaman pasar keuangan.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
AYDA dan Penerapannya, Ketika Debitor Dinyatakan Pailit berdasarkan UU. Kepailitan No.37/2004 Digital Marketing for Business Growth 2025 : Menguasai AI dan Automation dalam Digital Marketing

[X]
×