kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Jasa Raharja gencar lakukan inovasi digital, ini alasannya


Rabu, 04 September 2019 / 16:03 WIB
Jasa Raharja gencar lakukan inovasi digital, ini alasannya
ILUSTRASI. Mobil pemeriksaan kesehatan Jasa Raharja


Reporter: Agustinus Respati | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jasa Raharja berkomitmen meningkatkan kinerja perusahaan di bidang digital. Salah satunya adalah penyerahan santunan dengan proses pembayaran santunan digital melalui Cash Management System (CMS) BRI. 

Nantinya, sistem ini akan melakukan transfer ke seluruh rekening bank penerima santunan. Upaya ini diharapkan akan memudahkan ahli waris korban, terutama korban meninggal dunia.

Baca Juga: NPL naik, begini alasan dan upaya perbaikan BTN

"Dulu klaim kami bisa makan waktu sampai 4 hari, sekarang setelah jadi digital dan kerja sama dengan bank BUMN, santunan online bisa dibayarkan lewat virtual account dalam tempo singkat. Waktu yang dibutuhkan sekarang sekitar 1 hari 16 jam," tutur Direktur Keuangan Jasa Raharja Myland, pada (4/9).

Untuk korban kecelakaan yang mengalami luka-luka, prosesnya melalui overbooking ke rekening rumah sakit. Sebelum proses itu, perlu adanya surat jaminan dari Jasa Raharja atas biaya perawatan korban sampai batas maksimal biaya perawatan yang berlaku. 

Jasa Raharja juga melakukan sinergi dengan rumah sakit dan kepolisian guna mempercepat proses pencairan santunan.

Transformasi digital Jasa Raharja juga dirasakan oleh Perusahaan Otobus (PO) yang akan membayar premi atawa iuran wajib. Iuran Wajib Kendaraan Bermotor Umum (IWKBU) kini dapat dilakukan melalui aplikasi JRku. 

Baca Juga: Jamkrindo dan Jasindo siap bergabung dalam holding asuransi BUMN

Aplikasi ini baru diluncurkan 3 Mei 2019. Nantinya, setiap penumpang kendaraan umum juga bisa melihat apakah kendaraan yang mereka tumpangi sudah membayar iuran atau belum. Aplikasi ini juga terkoneksi dengan virtual account BRI.

"Saat ini seluruh transaksi di kantor pusat Jasa Raharja sudah 99% cashless. Kita jalin kerja sama dengan CMS BRI, Mandiri Cash Management, dan Bank BNI direct," papar dia.

Jasa Raharja juga menggunakan cash card BRI guna transaksi antar unit kerja. Kartu ini diharap dapat mengurangi transaksi tunai dan mencegah fraud

Baca Juga: AAUI: Holding asuransi bisa kurangi capital outflow ke luar negeri

Urusan bayar ke vendor dan supplier, pihaknya menjalin kerja sama dengan CMS BNI dan Bank Mandiri. Lainnya, Jasa Raharja juga kerja sama dengan LinkAja untuk kegiatan di lingkungan kantor Jasa Raharja.

"Sekarang di Internal Jasa Raharja pembayaran di kantor pusat, antar kantor cabang, dan antar unit di cabang diganti dengan cash card, untuk yang kecil-kecil pakai LinkAja," tutup dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×