kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.741.000   2.000   0,12%
  • USD/IDR 16.443   -51,00   -0,31%
  • IDX 6.472   -43,68   -0,67%
  • KOMPAS100 929   2,96   0,32%
  • LQ45 729   2,37   0,33%
  • ISSI 202   -1,52   -0,74%
  • IDX30 380   0,83   0,22%
  • IDXHIDIV20 454   0,28   0,06%
  • IDX80 106   0,50   0,48%
  • IDXV30 109   0,90   0,83%
  • IDXQ30 124   0,29   0,23%

Jelang Lebaran 2025, Bank Mandiri Siapkan Dana Rp 31,6 Triliun


Senin, 17 Maret 2025 / 05:35 WIB
Jelang Lebaran 2025, Bank Mandiri Siapkan Dana Rp 31,6 Triliun
ILUSTRASI. Menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1446 H, Bank Mandiri telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 31,6 triliun. KONTAN/Carolus Agus Waluyo


Reporter: Barratut Taqiyyah Rafie | Editor: Barratut Taqiyyah Rafie

KONTAN.CO.ID - Menjelang Ramadan dan Idul Fitri 1446 H, Bank Mandiri telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp 31,6 triliun. 

Hal ini dilakukan guna mengantisipasi lonjakan kebutuhan masyarakat selama periode 10 Maret – 8 April 2025.

Melansir siaran pers, angka ini meningkat 5,9% dibandingkan dengan tahun sebelumnya untuk memastikan kelancaran transaksi selama bulan suci.

Corporate Secretary Bank Mandiri, M. Ashidiq Iswara, menyatakan bahwa dana tersebut akan membantu nasabah memenuhi kebutuhan finansial, khususnya dalam hal pembayaran gaji dan THR bagi ASN.

Sebagian besar alokasi dana ini akan digunakan untuk mengisi ATM Bank Mandiri yang diperkirakan membutuhkan Rp 48,6 triliun selama periode tersebut.

Demi memastikan distribusi uang tunai berjalan optimal, Bank Mandiri telah meningkatkan pengisian pada 12.905 unit ATM/CRM yang terhubung ke jaringan ATM Link, ATM Bersama, ATM Prima, dan Visa/Plus di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Bank Mandiri Rilis QRIS Tap di Livin’ by Mandiri, Transaksi Lebih Cepat dan Praktis

“Guna mendukung penyaluran uang tunai ke masyarakat, kami juga telah mengoptimalisasi pengisian sejak awal bulan ini hingga libur Lebaran,” jelas Ashidiq dalam keterangan resminya, Kamis (13/3).

Selain layanan ATM, Bank Mandiri juga memaksimalkan kanal transaksi digital agar nasabah dapat bertransaksi dengan lebih cepat.

Salah satunya melalui 264.000 mesin EDC serta aplikasi Livin’ by Mandiri. 

Dalam rangka memastikan kelancaran transaksi BI FAST, Bank Mandiri juga menyiapkan likuiditas yang cukup pada Rekening Settlement Dana (RSD).

Sementara itu, langkah preventive maintenance diterapkan pada 2.842 ATM/CRM yang tersebar di lokasi strategis seperti rest area, bandara, terminal, pusat perbelanjaan, hingga tempat wisata guna memastikan keandalan operasional.

Tonton: Bank BCA akan Bayar Dividen Rp 30,8 T Usai Idul Fitri

Bank Mandiri juga telah menyiapkan stok kartu e-money hingga 1,02 juta keping yang bisa didapatkan di cabang, fitur Sukha di Livin' by Mandiri, toko ritel seperti Indomaret dan Alfamart, e-commerce resmi, serta vending machine di lokasi transportasi.

Selanjutnya: Ini Kata Ekonom Indef Proyeksi Perputaran Uang Ramadan dan Lebaran 2025

Menarik Dibaca: Sinopsis Drakor Hyper Knife yang Jadi Drama Medis Terbaru Park Eun Bin di Disney+

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News


Survei KG Media

TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Procurement Economies of Scale (SCMPES) Brush and Beyond

[X]
×