kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.427.000   7.000   0,49%
  • USD/IDR 16.160
  • IDX 7.321   96,85   1,34%
  • KOMPAS100 1.149   10,13   0,89%
  • LQ45 923   12,71   1,40%
  • ISSI 219   0,62   0,28%
  • IDX30 461   6,63   1,46%
  • IDXHIDIV20 555   8,24   1,51%
  • IDX80 129   1,33   1,04%
  • IDXV30 130   1,58   1,24%
  • IDXQ30 156   2,26   1,48%

Jenis-Jenis Kartu Kredit BCA 2024 dan Panduan Mengajukan bagi Nasabah


Kamis, 20 Juni 2024 / 15:06 WIB
Jenis-Jenis Kartu Kredit BCA 2024 dan Panduan Mengajukan bagi Nasabah
ILUSTRASI. Jenis Kartu Kredit BCA 2024 dan Panduan Mengajukan bagi Nasabah.KONTAN/Fransiskus Simbolon


Penulis: Bimo Kresnomurti

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Intip jenis kartu kredit BCA 2024 beserta panduan dalam pengajuan bagi nasabah. Bagi nasabah Bank Central Asia (BCA), kartu kredit pribadi adalah salah satu layanan perbankan yang sangat dikenal dan banyak digunakan.

Kartu kredit BCA merupakan produk keuangan yang diterbitkan oleh BCA, menawarkan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi pembayaran, baik secara online maupun offline.

Selain sebagai alat pembayaran yang praktis, kartu kredit BCA juga memberikan sejumlah manfaat dan fitur yang menarik, tergantung pada jenis dan tingkatan kartu yang Anda miliki.

Ada beberapa manfaat bagi pemegang kartu kredit BCA untuk mendapatkan berbagai promo menarik.

Baca Juga: Cara Akses Halo BCA Lewat WhatsApp dan Call Center dengan Mudah dan Cepat

Kartu kredit BCA

Manfaat Kartu Kredit BCA

Kartu kredit BCA menawarkan berbagai keuntungan bagi pemegangnya, termasuk:

  • Pembayaran Fleksibel: Kartu ini dapat digunakan untuk berbagai transaksi di toko fisik maupun online, memberikan kemudahan dalam melakukan pembayaran.
  • Cicilan 0%: Beberapa transaksi dapat diubah menjadi cicilan dengan bunga 0% untuk jangka waktu tertentu, memudahkan pengelolaan keuangan Anda.
  • Reward dan Diskon: BCA menawarkan program reward, cashback, atau diskon khusus untuk berbagai transaksi, memberikan nilai tambah pada setiap pembelanjaan.
  • Akses ke Airport Lounge: Beberapa jenis kartu kredit premium menyediakan akses eksklusif ke fasilitas airport lounge, menambah kenyamanan perjalanan Anda.
  • Diskon Merchant: Kerja sama BCA dengan berbagai merchant seperti Indomaret, Matahari, dan Tiket.com memberikan diskon khusus bagi pemegang kartu kredit BCA.
  • Asuransi Perjalanan: Beberapa kartu kredit BCA juga menawarkan manfaat asuransi perjalanan, memberikan perlindungan ekstra saat Anda bepergian.

Cara Pengajuan Kartu Kredit BCA

Proses pengajuan kartu kredit BCA tidak jauh berbeda dengan pembukaan rekening bank, namun memerlukan beberapa dokumen tambahan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Pilih Jenis Kartu: Tentukan jenis kartu kredit BCA yang paling sesuai dengan kebutuhan dan preferensi Anda.
  • Persiapkan Dokumen: Siapkan dokumen-dokumen yang diperlukan seperti KTP, NPWP, slip gaji, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Kunjungi Cabang BCA: Datang ke cabang BCA terdekat untuk mengisi formulir pengajuan kartu kredit dan menjalani proses verifikasi.
  • Proses Persetujuan: Setelah mengajukan, bank akan melakukan proses persetujuan. Jika disetujui, kartu kredit akan dikirim ke alamat yang telah Anda berikan.
  • Aktivasi Kartu Kredit BCA: Aktivasi layanan kartu kredit dapat dilakukan melalui aplikasi BCA Mobile atau laman resmi BCA, memudahkan nasabah untuk mulai menggunakan kartu.

Baca Juga: Cara Mengganti Nomor HP yang Terdaftar di BCA Mobile dalam 2 Tahapan

Istilah yang muncul pada produk kartu kredit

Nasabah juga perlu memahami beberapa istilah yang akan muncul pada penggunaan kartu kredit.

  • Limit Kredit: Jumlah maksimum uang yang dapat dipinjam oleh pemegang kartu kredit. Limit ini ditentukan oleh penerbit kartu berdasarkan kredit dan sejarah pembayaran pemegang kartu.
  • Bunga: Biaya yang harus dibayar pemegang kartu atas penggunaan kredit. Bunga biasanya dinyatakan sebagai persentase dari saldo yang belum dibayar dan dapat bervariasi tergantung pada jenis transaksi.
  • Cash Advance: Penarikan uang tunai dari kartu kredit. Biaya tambahan dan bunga mungkin berlaku untuk transaksi ini.
  • Cicilan: Opsi untuk membayar pembelian dalam angsuran tetap selama periode waktu tertentu, biasanya dengan suku bunga tetap.
  • Minimum Payment: Jumlah minimum yang harus dibayarkan oleh pemegang kartu setiap bulan untuk menghindari dikenakan denda atau biaya keterlambatan.
  • Biaya Tahunan: Biaya yang dikenakan setiap tahun oleh penerbit kartu untuk menggunakan kartu kredit. Beberapa kartu kredit mungkin menawarkan biaya tahunan yang dapat diabaikan atau dihapuskan.
  • Denda keterlembatan: Ini merupakan biaya yang harus dikeluarkan saat nasabah tidak membayarakan tagihan kartu kredit setelah jatuh tempo.
  • Rewards atau Penghargaan: Program insentif yang menawarkan hadiah atau keuntungan khusus kepada pemegang kartu untuk setiap transaksi atau penggunaan tertentu. Contoh termasuk poin reward, cashback, atau diskon.
  • Kredit Skor: Angka numerik yang mencerminkan kredit dan histori keuangan seseorang. Kredit skor digunakan oleh penerbit kartu untuk menilai risiko dan menentukan persetujuan kartu kredit serta limit kredit.
  • Pernyataan Tagihan: Dokumen bulanan yang merinci semua transaksi kartu kredit yang dilakukan oleh pemegang kartu, termasuk saldo akhir, pembayaran minimum, dan tanggal jatuh tempo pembayaran.

12 Jenis Kartu Kredit BCA

BCA menawarkan berbagai jenis kartu kredit yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan gaya hidup nasabah. Berikut adalah penjelasan 12 jenis kartu kredit dirangkum dari laman resmi BCA Kartu kredit.

1. BCA Visa Mastercard Platinum

Kartu kredit premium dengan jangkauan internasional yang luas. Memberikan keuntungan eksklusif seperti akses ke lounge bandara, asuransi perjalanan, dan manfaat lainnya yang disesuaikan untuk kebutuhan pelanggan yang menginginkan tingkat keistimewaan yang tinggi.

Nah, untuk kartu kredit BCA ini dibebankan annual fee yang sama yakni Rp450.000 beserta biaya kartu tambahan Rp250.000.

2. BCA Visa Mastercard Black

Kartu kredit premium dengan beragam manfaat eksklusif, termasuk asuransi perjalanan, akses ke klub eksklusif, layanan pelanggan prioritas, dan insentif belanja yang menarik.

Berbeda dengan 3 jenis kartu kredit BCA awal, Visa Mastercard membebankan nasabah dengan biaya tahunan sebesar Rp450.000. Adapun, biaya kartu tambahan bisa mencapai Rp250.000.

3. Visa Batman/Mastercard BCA/Globe

Jenis kartu kredit yang menawarkan keuntungan dan keistimewaan khusus yang terkait dengan karakter Batman maupun Globe. Mungkin termasuk manfaat seperti diskon khusus, akses ke acara eksklusif, atau imbalan khusus terkait karakter Batman.

Adapun biaya kartu tahunan adalah sebesar Rp125.000 dan biaya tambahan Rp100.000.

4. BCA JCB Black

Kartu kredit khusus dengan jaringan pembayaran JCB, menawarkan manfaat eksklusif seperti diskon belanja, akses ke lounge bandara, dan insentif lainnya bagi pemegang kartu.

Adapun BCA JCB Black membebankan nasabah dengan annual fee sebesar Rp450.000. Adapun, biaya kartu tambahan bisa mencapai Rp250.000.

5. BCA Everyday Card

Kartu kredit yang dirancang untuk kegunaan sehari-hari dengan berbagai manfaat seperti diskon di merchant tertentu, promo belanja, dan insentif belanja yang diperuntukkan untuk kebutuhan harian.

Nah, untuk kartu kredit BCA jenis ini nasabah bisa dibebankan dengan annual fee sebesar Rp125.000 dan biaya tambahan Rp100.000.

6. BCA Indomaret Card

Kartu kredit yang memberikan manfaat khusus dan diskon di toko Indomaret. Cocok untuk mereka yang sering berbelanja di Indomaret dan menginginkan keuntungan tambahan.

Pengguna setia Indomaret Card bisa bertransaksi dengan kartu kredit lewat biaya tahunan sebesar Rp125.000 dan biaya tambahan Rp100.000.

7. BCA Card Platinum

Kartu kredit premium dengan berbagai manfaat tingkat tinggi, termasuk asuransi perjalanan, akses ke airport lounge, program reward eksklusif, dan layanan prioritas.

Adapun, lewat bertransaksi dengan kartu kredit BCA Card Platinum nasabah perlu membayar biaya tahunan Rp250.000 dan biaya tambahan Rp175.000.

8. BCA Mastercard Matahari

Kartu kredit yang memberikan manfaat dan diskon khusus untuk berbelanja di Matahari Department Store. Biasanya mencakup insentif belanja, diskon, dan penawaran khusus.

Sama seperti layanan yang terafiliasi pihak ketiga, kartu kredit dengan label Mastercard Matahari membebankan nasabah dengan annual fee sebesar Rp125.000 dan biaya tambahan Rp100.000

9. BCA UnionPay

Kartu kredit yang menggunakan jaringan pembayaran UnionPay, memberikan keuntungan seperti diskon belanja, akses ke airport lounge, dan manfaat lainnya yang terkait dengan jaringan UnionPay.

Layanan dari BCA UnionPay juga dibebankan dengan annual fee sebesar Rp125.000 dan biaya tambahan Rp100.000.

10. BCA Blibli Mastercard

Kartu kredit yang menawarkan manfaat khusus untuk berbelanja di Blibli.com, seperti diskon, promo eksklusif, dan imbalan lainnya yang terkait dengan transaksi di platform Blibli.

Sementara, BCA Blibli Mastercard yang wajib dibayarkan sebagai annual fee adalah sebesar Rp125.000 dan biaya tambahan adalah Rp100.000.

11. BCA tiket.com Mastercard

Kartu kredit yang memberikan manfaat spesifik untuk pembelian tiket melalui tiket.com, seperti diskon khusus, akses ke promo tertentu, dan imbalan lainnya yang terkait dengan layanan tiket.com.

Pemilik tiket.com Mastercard perlu membayarkan annual fee sebesar Rp125.000 dan biaya tambahan kartu yakni Rp100.000/tahun,

12. BCA Smartcash

Kartu kredit yang dirancang untuk memberikan keuntungan cashback yang signifikan. Memberikan pengguna potongan harga atau uang kembali berdasarkan pola pengeluaran tertentu, seperti belanja harian atau transaksi online.

Untuk catatan, transaksi penggunaan kartu kredit dari Limit Rp10 juta s.d Rp50 juta dibebankan annual fee sebesar 250.000. Sementara, penggunaan limit > Rp50 juta s.d Rp250 juta adalah sebsesar Rp500.000.

Bahkan, kartu kredit BCA jenis ini tercatat tidak dibebankan biaya untuk iuran tahunan dan kartu tambahan.

Demikian informasi penjelasan panduan dalam memilih kartu kredit BCA 2024. Nasabah kemudian dapat lanjut untuk mengunjungi laman resmi BCA atau menghubungi nomor Halo BCA 1500888.

Selanjutnya: Jadwal Sholat dan Adzan Kota Yogyakarta & Sekitarnya Hari Ini, Kamis 20 Juni 2024

Menarik Dibaca: Cinepolis Edukasi Anak Lakukan Aktivitas Seru Diluar Sekolah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Pre-IPO : Explained Supply Chain Management on Efficient Transportation Modeling (SCMETM)

[X]
×