kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45908,54   -10,97   -1.19%
  • EMAS1.350.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Julo Tetap Bersiap IPO, Meski TWP90 Mendekati Ambang Batas 5%


Kamis, 07 Maret 2024 / 14:30 WIB
Julo Tetap Bersiap IPO, Meski TWP90 Mendekati Ambang Batas 5%
ILUSTRASI. PT. JULO Teknologi Finansial menggandeng BukuWarung untuk meningkatkan inklusi keuangan dengan memperluas penyaluran akses kredit kepada kalangan masyarakat underbanked.


Reporter: Shifa Nur Fadila | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Platform fintech peer to peer (P2P) lending alias pinjaman online (pinjol) Julo ungkapkan hingga kini masih terus mempersiapkan untuk melakukan IPO. Meski begitu tingkat wanprestasi alias TWP90 Julo tercacat mendekati ambang batas ketentuan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berada di angka 4,49%.

Corporate Communications Head Julo Adam K. Rumanda mengatakan fokus Julo saat ini adalah memastikan persiapan secara menyeluruh dan kepatuhan terhadap persyaratan regulasi, sekaligus mempertimbangkan kondisi pasar dan kepentingan pada pemangku kepentingan. 

Terkait IPO ia juga mengatakan Julo masih membahas secara internal dan menyiapkan berbagai hal yang perlu dipenuhi untuk melakukan IPO, termasuk dalam aspek regulatory requirements. 

"Semua masih dalam proses," jelas Adam pada Kontan, Kamis (7/3). 

Baca Juga: Gagal Bayar Marak, Pengamat Nilai Asuransi Diperlukan Bagi Lender Fintech Lending

Meski tingkat TWP90 Julo berada di angka 4,49% Adam mengatakan kinerja Julo masih mencatatkan kinerja yang positif. Menurutnya hal ini terbukti dengan penyaluran dana Julo yang telah mencapai lebih dari US$ 1 miliar hingga saat ini serta metrik retensi yang tinggi yaitu di angka lebih dari 70% bila dibandingkan dengan pemain lain di industri. 

Adam melihat profitability model Julo yang telah memberikan dampak positif dalam pencapaian kinerja di 2023, menurutnya saat ini merupakan waktu yang tepat untuk memanfaatkan keunggulan dan kekuatan brand untuk meningkatkan skala bisnis dan pertumbuhan yang berkelanjutan.

"Dalam hal ini juga termasuk rencana untuk IPO, ini waktu yang tepat," ujarnya. 

Selain itu guna terus mendongkrak kinerja perusahaan, Adam mengatakan berbagai inisiatif perbaikan senantiasa dilakukan secaraberkesinambungan dengan cara memastikan dan berusaha menjaga level TWP90 selalu pada tingkat rendah.

Hal itu dilakukan dengan meningkatkan penilaian pinjaman kepada calon peminjam secara berhati-hati untuk memastikan adanya kepastian arus kas calon peminjam yang cukup dan mampu untuk melakukan pembayaran pinjaman. 

Baca Juga: Janjikan Kemudahan Palaporan Pajak, KoinWorks Perkenalkan Fitur Baru

"Selain itu kami juga terus melakukan penguatan credit scoring yang sangat baik agar kualitas pelayanan dan produk Julo dapat dirasakan manfaatnya kepada seluruh pengguna Julo," ucapnya. 

Sayangnya, terkait dengan rencana timeline dan jumlah target pendanaan IPO, Adam belum dapat mengungkapkan secara detail karena JULO masih membahas dan menyiapkan berbagai hal yang perlu dipenuhi untuk melakukan IPO, termasuk regulatory requirements.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×