Reporter: Nadya Zahira | Editor: Putri Werdiningsih
KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Mitra Pelindung Mustika (MPM Insurance) mencatatkan kinerja yang positif hingga kuartal III-2024. Hal ini didorong oleh pertumbuhan channel agen yang naik sebesar 11% secara year on year (YoY).
“Di tengah tantangan industri, kami mencatat pertumbuhan positif sebesar 11% melalui channel agent, di saat industri asuransi justru mengalami penurunan sebesar 21% pada channel yang sama di periode tersebut,” kata Deputi Direktur Marketing MPMInsurance, Poppy Panca dalam keterangan resminya, Jumat (14/2).
Poppy mengatakan, berkat pencapaian yang baik ini, hingga kuartal III-2024, MPM Insurance juga mengalami kenaikan 6 peringkat di pasar, lalu penambahan 0,2% market share, serta didorong oleh pertumbuhan pendapatn premi sebesar 32% secara YoY.
Selain itu, sampai dengan kuartal III-2024, MPM Insurance juga turut mencatatkan pertumbuhan yang positif pada segmen produk asuransi properti dan kendaraan bermotor.
“Di mana, pada segmen produk asuransi properti, premi yang dibukukan MPM Insurance mengalami kenaikan signifikan sebesar 69% secara YoY jauh melampaui rata-rata pertumbuhan industri yang hanya mencapai 26% secara YoY,” ungkapnya.
Baca Juga: AAJI Proyeksi Premi Asuransi Tradisional Terus Tumbuh di 2025, Ini Penyebabnya
Lebih lanjut, ia mengatakan bahwa pertumbuhan pada segmen produk asuransi properti ini semakin diperkuat dengan kontribusi agen yang meningkat hingga 27% secara YoY hingga kuartal III-2024.
“Hal ini menunjukkan peran strategis mereka dalam memperluas akses perlindungan asuransi properti di tengah meningkatnya kebutuhan pasar,” kata dia.
Sementara itu, pada periode yang sama, Poppy bilang, sektor kendaraan bermotor juga mencatatkan kinerja yang positif. Di mana pendapatan premimya tumbuh sebesar 2% secara tahunan. Angka ini lebih tinggi dibandingkan dengan pertumbuhan industri yang hanya mencapai 1%.
“Agen kembali memainkan peran penting dalam pencapaian ini, dengan kontribusi yang meningkat hingga 16% secara YoY, sehingga mencerminkan efektivitas strategi perusahaan dalam memperkuat jaringan distribusi dan menghadirkan solusi perlindungan kendaraan yang relevan dengan kebutuhan konsumen,” imbuhnya.
Tak hanya itu, Poppy mengatakan bahwa kinerja positif ini juga semakin diperkuat dengan peringkat A+ yang kembali diraih MPM Insurance dari Fitch Ratings yang dirilis pada Desember 2024. Ia menilai, peringkat ini mencerminkan kekuatan finansial yang solid serta kemampuan perusahaan dalam menjaga stabilitas di tengah tantangan industri.
“Dengan rasio keuangan yang sehat serta strategi bisnis yang terarah, MPMInsurance terus menunjukkan komitmennya dalam menghadirkan perlindungan yang terpercaya bagi para konsumen dan mitra bisnisnya,” tegasnya.
MPM Insurance menilai bahwa peran agen menjadi salah satu kunci utama dalam pertumbuhan positif perusahaan, yang terus menunjukkan performa solid di tengah dinamika industri asuransi.
Baca Juga: Dewan Asuransi Indonesia Beberkan Tantangan Industri Perasuransian pada 2025
Tahun ini, MPM Insurance akan kembali menggelar acara “Agent Mingle Time 2025. Acara tersebut menjadi kesempatan bagi MPM Insurance dan para agen untuk berbagi pengalaman, memperkuat jaringan, serta mendapatkan wawasan mengenai strategi dan peluang industri ke depan.
CEO MPM Insurance Alexander Setokusumo, mengapresiasi kepada seluruh agen yang telah berkontribusi dalam pertumbuhan perusahaan.
“Kami sangat menghargai kerja keras dan dedikasi para agen yang telah menjadi mitra penting dalam menghadirkan perlindungan terbaik bagi konsumen. Di MPM Insurnace kami selalu menjunjung tinggi nilai- nilai yang menjadi DNA merek kami diantaranya, Protection, Advisory, dan Reliability,” jelasnya.
Dalam kesempatan tersebut, Alexander juga secara resmi memperkenalkan Wayan Pariama sebagai Deputi CEO MPMInsurance. Dengan pengalaman luas di industri asuransi, Wayan Pariama diharapkan dapat membawa perspektif baru dalam memperkuat strategi bisnis dan meningkatkan daya saing perusahaan di pasar.
“Kehadirannya dalam jajaran manajemen menjadi bagian dari langkah perusahaan dalam terus beradaptasi dengan perkembangan industri,” tandasnya.
Selanjutnya: Era Indonesia Targetkan Omset Naik 20% Tahun 2025
Menarik Dibaca: Promo Hokben Valentine Special 14-16 Februari 2025, Rp 90.000 Dapat 3 Menu Double
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News