kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45904,33   -2,31   -0.25%
  • EMAS1.396.000 0,07%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.09%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

KB Finansia Multi Finance Terima Pinjaman US$ 100 Juta dari IFC


Jumat, 05 Juli 2024 / 19:25 WIB
KB Finansia Multi Finance Terima Pinjaman US$ 100 Juta dari IFC
ILUSTRASI. PT KB Finansia Multi Finance (KreditPlus) menandatangani perjanjian pinjaman dengan International Finance Corporation (IFC)


Reporter: Nova Betriani Sinambela | Editor: Khomarul Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT KB Finansia Multi Finance (KreditPlus) menandatangani perjanjian pinjaman dengan International Finance Corporation (IFC) pada 28 Maret 2024.

"Hal ini benar adanya. KB Finansia dan IFC telah menandatangani Perjanjian Pinjaman dengan jumlah setara dengan US$100 juta," kata Direktur KreditPlus Peter Halim saat dikonfirmasi KONTAN, Jumat (5/7). 

Dari nilai tersebut, Peter mengatakan, sebanyak US$ 75 juta dijamin dengan corporate guarantee dari KB Kookmin Card Co (KBC). Kemudian sebesar US$ 25 juta dijamin dengan piutang pembiayaan perusahaan yang diikat secara fidusia.

Adapun dari seluruh pendanaan yang diberikan IFC, KB Finansia akan menyalurkannya untuk mendukung usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) di Indonesia.

"Pendanaan yang didapat dari IFC ini tentu saja sangat berdampak positif kepada reputasi KB Finansia. IFC yang merupakan salah satu anggota dari World Bank memiliki kepercayaan yang tinggi dengan terus memberikan support pendanaan kepada KB Finansia," lanjutnya. 

Baca Juga: Perusahaan Multifinance Ramai Terbitkan Obligasi pada Semester II-2024

Selain pendanaan, Peter mengatakan, dengan adanya bantuan ini menandai dukungan IFC dalam memperkuat kerangka kerja keuangan yang bertanggung jawab. Termasuk menyelaraskan operasi KBFMF dengan praktik-praktik internasional terbaik dan peraturan pelindungan konsumen nasional.

Sebagai informasi pada bulan Desember 2020 lalu, IFC juga pernah memberikan dukungan pendanaan kepada KB Finansia dengan jumlah US$ 50juta untuk dapat disalurkan kepada UMKM selama pandemi Covid-19.

KB Finansia melaporkan di semester pertama tahun 2024, total realisasi pembiayaan mencapai Rp 4,1 triliun. Adapun untuk akhir tahun 2024 KB Finansia membidik angka Rp9 triliun dalam realisasi pembiayaan. 

Sejumlah upaya dilakukan untuk mencapai target tersebut yakni dengan mengoptimalkan kinerja jaringan kantor. Sejalan dengan itu tetap memanfaatkan proses automatisasi dan digitalisasi untuk menciptakan efisiensi. 

Selain itu dalam penyalurannya, KB Finansia akan fleksibel terhadap komposisi produk pembiayaan dalam menyalurkan new booking sesuai dengan kondisi pasar yang ada dengan meningkatkan proporsi produk yang memiliki profit lebih besar sambil mengembangkan sistem manajemen risiko.

Selanjutnya: Mall Alam Sutera Hadirkan Wahana Bermain Keluarga

Menarik Dibaca: Mall Alam Sutera Hadirkan Wahana Bermain Keluarga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×