kontan.co.id
| : WIB | INDIKATOR |

Kinerja modal ventura masih positif hingga Juli 2019


Jumat, 13 September 2019 / 17:52 WIB

Kinerja modal ventura masih positif hingga Juli 2019
ILUSTRASI. Modal Ventura


KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Industri modal ventura menunjukkan kinerja positif hingga Juli 2019. Sejumlah indikator keuangan menunjukkan perbaikan.

Meskipun rasio non performing financing (NPF) yang meningkat, dari 5,07% pada Juli 2018 sedangkan Juli 2019 5,73%, Ketua Asosiasi Modal Ventura untuk Startup Indonesia (Amvesindo) Jefri Sirait mengatakan kinerja modal ventura masih positif.

"saya pikir ini belum final untuk di lihat secara year on year (yoy). sebagai indikator masih ada beberapa proses yang di perkuat untuk penyehatan asset yang bisa lebih baik di akhir tahun,"kata Jefri Sirait kepada Kontan.co.id, Kamis (12/9).

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat, hingga Juli 2019, industri modal ventura mencatatkan pembiayaan dan penyertaan sebesar Rp 10,6 triliun. Nilai ini meningkat 30,3% dari Juli 2018 yang mencapai Rp 8,13 triliun.

Baca Juga: Bernilai US$ 4,487 miliar, Gojek jadi merek digital paling berharga di Indonesia

"Pertumbuhan ini dengan kondisi half semester yang cenderung lebih baik dalam confidence level seperti sektor perdagangan dan beberapa sektor jasa, walaupun tetap melihat situasi pertumbuhan yang terjaga secara umum,"kata Jefri Sirait.

Dari nilai pembiayaan dan penyertaan modal ventura Juli 2019, segmen pembiayaan bagi hasil masih menjadi yang terbesar. Pembiayaan ini tercatat sebesar Rp 8,37 triliun atau tumbuh 31,3% dari periode yang sama tahun lalu yaitu Rp 6,37 triliun.

"Pada dasarnya produk penyertaan juga dalam situasi sama dengan concious optimism yang prudent,"ujarnya.

Sementara penyertaan saham Rp 1,83 triliun. Lalu obligasi konversi mencapai Rp 510 miliar atau meningkat 4,2% dari periode yang sama tahun lalu sebesar Rp 489 miliar. Selama ini, modal ventura lebih banyak menyertakan saham usaha kecil menengah atau start up.

Baca Juga: E-commerce mulai kutip bayaran ke merchant, idEA: Itu namanya monetisasi pasar

Jefri Sirait bilang, kondisi ini berkat perbaikan manajemen risiko yang dilakukan oleh pebisnis modal ventura."Awareness ini terus kita bahas baik dengan upadate data dan bahasan kondisi ekonomi secara online dan dalam beberapa pertemuan untuk sharing informasi,"jelasnya.

Faktor lain yang mempengaruhi pertumbuhan pembiayaan dan penyertaan adalah makin bertambahnya pemain di bisnis ini. Pelaku usaha modal ventura sampai Juli 2019 tercatat mencapai 66 entitas. Jumlah tersebut bertambah lima perusahaan dari periode sama dari tahun 2017.


Reporter: Ahmad Ghifari
Editor: Yoyok

Video Pilihan


Close [X]
×