kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.318.000 -0,68%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KoinWorks siap kucurkan pinjaman Rp 100 miliar bagi pelajar Indonesia


Selasa, 03 April 2018 / 17:52 WIB
KoinWorks siap kucurkan pinjaman Rp 100 miliar bagi pelajar Indonesia


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Sofyan Hidayat

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Lunaria Annua Teknologi (KoinWorks) penyedia layanan pinjaman-meminjam (peer to peer lending) menargetkan penyaluran pinjaman Rp 100 miliar bagi pelajar di Indonesia. Hal tersebut diungkapkan oleh Co-Founder KoinWorks Benedicto Haryono pada Selasa (3/4) di Jakarta.

“Target tahun ini bisa menyalurkan Rp 50 miliar hingga Rp 100 miliar yang menyasar hingga 2.000 murid. Pada 2017 kita baru menyalurkan Rp 5 miliar-Rp 8 miliar. Rata-rata kita beri pinjaman Rp 30 miliar,” kata Benedicto.

KoinWorks memberikan pinjaman mulai Rp 6 juta hingga Rp 80 juta. Adapun bunga pinjaman bersifat datar 9% hingga 20% per tahun. Pinjaman ini memiliki tenor hingga 6 tahun, dengan minimal cicilan Rp 1 juta per bulan.

Cukup mudah untuk mendapatkan pinjaman pendidikan dari KoinWorks, cukup mendaftar secara online di platform KoinWorks. Lalu melengkapi data berupa kartu tanda penduduk (KTP) dan kartu keluarga (KK).

Bagi para pelajar yang belum memiliki penghasilan, maka disyaratkan untuk melengkapi dari penjamin. Tidak ada syarat besaran pendapatan bulanan penjamin, selama risiko kredit macet kecil.

Adapun pendanaan yang disediakan oleh KoinWorks berasal dari perorangan. Saat ini tercatat 45.000 orang pemberi pinjaman. Sistemnya, para pemberi dana akan menyeleksi sendiri siapa saja yang hendak didanai.

“Tapi pemberi pinjaman itu tidak semuanya aktif ya yang membangun portofolio. Rata-rata mereka memberikan pinjaman Rp 10 juta hingga Rp 20 juta. Tapi ada juga yang sudah masukin Rp 1 miliar,” jelas Benedicto.

Pada 2018, KoinWorks akan agresif menyasar institusi agar dapat memberikan pinjaman kepada para pelajar Indonesia.

“Saat ini baru 100 murid yang kita bantu 70% masih di sektor informal. Karena sejak awal kita sektor informal. Ke depannya bisa perbandingan informal dan formal bisa 50:50,” tegas Benedicto.

Adapun pendidikan informal berupa les di bidang tertentu seperti pemrograman, desain, dan bahasa. Saat ini, KoinWorks sudah bekerja sama dengan 10 sekolah formal dan 11 sekolah non formal.

Terkait pendanaan untuk perusahaan, Benedicto bilang KoinWorks sudah mendapatkan pendanaan tahap awal (seed funding). Saat ini, KoinWorks tengah menyiapkan pendanaan seri A.

“Kita mau closing seri A, besarannya belum bisa saya sampaikan. Pendanaan ini akan digunakan untuk belanja modal dan pengembangan KoinWorks,” tutup Benedicto.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Practical Business Acumen

[X]
×