kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • EMAS 1.520.000   12.000   0,80%
  • USD/IDR 15.880   50,00   0,31%
  • IDX 7.196   54,65   0,77%
  • KOMPAS100 1.104   9,46   0,86%
  • LQ45 877   10,80   1,25%
  • ISSI 221   0,74   0,34%
  • IDX30 449   6,10   1,38%
  • IDXHIDIV20 540   5,33   1,00%
  • IDX80 127   1,26   1,00%
  • IDXV30 135   0,57   0,43%
  • IDXQ30 149   1,56   1,06%

Kolaborasi Dompet Digital dengan Perusahaan Asuransi Kian Semarak


Kamis, 02 Juni 2022 / 16:08 WIB
Kolaborasi Dompet Digital dengan Perusahaan Asuransi Kian Semarak
ILUSTRASI. Ilustrasi penggunaan dompet digital DANA.


Reporter: Selvi Mayasari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Dompet digital semakin semarak lakukan kolaborasi dengan perusahaan asuransi. Terlebih, perkembangan teknologi digital saat ini menyebabkan dompet digital memiliki peran besar untuk ikut memperluas penetrasi industri asuransi dan investasi.

Terbaru ada perusahaan dompet digital DANA berkolaborasi dengan perusahaan insurtech asal Singapura, Igloo menghadirkan asuransi kesehatan untuk gamer. Bersama Igloo, DANA merilis Gamer’s Protection, produk asuransi untuk melindungi pemain game di Indonesia dari risiko kesehatan yang berkaitan dengan bermain game.

Rencana perlindungan yang ditawarkan DANA dan Igloo seharga Rp 1.000 dan manfaat sampai dengan Rp 1.000.000 untuk serangan jantung atau sindrom carpal tunnel.

Asal tahu saja, ini bukan pertama kalinya DANA bekerjasama dengan perusahaan asuransi. DANA saat ini telah bekerjasama dengan beberapa jenis partner, ada yang langsung dengan perusahaan asuransi maupun melalui insurtech atau broker asuransi digital dengan produk mulai dari asuransi jiwa ataupun asuransi umum.

Baca Juga: Cashlez (CASH) Bidik Pendapatan Rp 158 Miliar, Begini Strateginya

Saat ini DANA telah menggandeng beberapa mitra asuransi seperti PasarPolis dan Qoala dan akan tetap membuka peluang bagi mitra lainnya untuk mengikuti kebutuhan pengguna.

Sebelumnya, DANA dan Igloo telah meluncurkan asuransi untuk gawai elektronik pada Oktober 2021 lalu. Kesuksesan kerjasama DANA dengan Igloo terlihat dari tingginya penerimaan terhadap asuransi gawai elektronik oleh para pengguna karena user experience yang mudah dan intuitif, harga yang terjangkau, serta manfaat yang ditawarkan.  

Chief of Product DANA Indonesia, Rangga Wiseno mengatakan, perlindungan yang ditawarkan ini juga sejalan dengan komitmen DANA untuk terus memperbarui dan meningkatkan pengalaman pengguna dalam transaksi digital melalui aplikasi DANA.

“Dengan kolaborasi ini, seluruh pengguna dapat memiliki opsi asuransi yang kian banyak dan kesadaran akan pentingnya asuransi juga ikut meningkat,” ujar Rangga kepada kontan.co.id.

Ada juga dompet digital lainnya yang memasarkan produk asuransi, yaitu OVO. Perusahaan menyadari bahwa tingkat adopsi produk asuransi di Indonesia masih sangat rendah dibanding negara-negara tetangga. 

Baca Juga: LinkAja Salurkan Dana Lebih dari Rp 1,5 Miliar Kepada Peserta Pelatihan Kerja

"Sebagai perusahaan yang memiliki misi untuk meningkatkan akses layanan keuangan, OVO terdorong untuk menghadirkan produk-produk asuransi yang terjangkau tanpa mengesampingkan kualitas melalui kemitraan dengan beberapa perusahaan asuransi ternama," ungkap Head of Corporate Communication OVO Harumi Supit.

Sekadar informasi, platform OVO kini mengakomodasi produk investasi bertajuk OVO | Invest atas kolaborasi dengan Bareksa, Manulife Aset Manajemen Indonesia dan Syailendra Capital.

Sementara untuk penyediaan proteksi, mulai dari asuransi jiwa dan kesehatan, sampai asuransi sepeda, produk bertajuk OVO | Proteksi hadir lewat strategi menggandeng Qoala, Prudential, dan Simas Insurtech.

Harumi menerangkan, sejak pertama layanan OVO | Proteksi diluncurkan pada akhir tahun 2020, terlihat adanya peningkatan pembelian polis asuransi yang cukup berarti.  "Premi yang bersahabat dan pilihan produk asuransi yang semakin beragam menjadi faktor pendorong minat pengguna OVO atas produk asuransi yang kami tawarkan. Bukan hanya asuransi sepeda motor, pengguna OVO juga dapat memilih asuransi mobil hingga asuransi jiwa dan kesehatan, termasuk juga yang berbasis syariah," jelasnya.

Harumi menambahkan bahwa strategi ini merupakan bagian penting dari transformasi pembayaran digital yang dijalankan oleh OVO, sehingga mampu membuka akses luas bagi seluruh masyarakat Indonesia untuk berbagai penggunaan, diimbangi dengan kemudahan dan keamanan akses dalam bertransaksi digital.

"Hasilnya, OVO saat ini tidak hanya menjadi penghubung transaksi digital seperti transportasi, pemesanan makanan, dan belanja online, tetapi telah berkembang mencakup asuransi, investasi, hingga pinjaman yang dihadirkan di aplikasi OVO melalui kolaborasi dengan berbagai perusahaan ternama," tambahnya.

Harumi berharap, bahwa dengan tersedianya beragam produk asuransi yang terjangkau melalui OVO, akses layanan asuransi semakin terbuka bagi masyarakat Indonesia, dan mereka semakin terlindungi.

PT Fintek Karya Nusantara atau lebih dikenal LinkAja juga telah bekerjasama dengan beberapa perusahaan asuransi, misalnya dengan Unit Usaha Syariah PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk (Tugu Insurance) untuk menyediakan kemudahan pembayaran berbagai produk layanan asuransi syariah.

Hingga saat ini LinkAja memang telah bekerjasama dengan beberapa jenis partner, ada yang langsung dengan perusahaan asuransi maupun melalui insurtech atau broker asuransi digital dengan produk mulai dari asuransi jiwa ataupun asuransi umum.

Plt Direktur Utama LinkAja Wibawa Prasetyawan mengatakan, kinerja usecase asuransi di LinkAja saat ini memang terus meningkat. Kontributor dari peningkatan tersebut berasal dari produk asuransi mikro, kerjasama LinkAja sebagai metode bayar dalam produk pembayaran BPJS dan biller asuransi.

Menurutnya, potensi penjualan asuransi ke depannya akan terus meningkat. Hal ini dikarenakan industri asuransi yang semakin kreatif dengan menciptakan berbagai macam pilihan asuransi mikro sesuai kebutuhan pelanggan. “Kami sebagai fintech akan terus mengembangkan user experience yang semakin baik agar produk Asuransi dapat dimiliki oleh pelanggan dengan mudah, aman dan cepat,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Working with GenAI : Promising Use Cases HOW TO CHOOSE THE RIGHT INVESTMENT BANKER : A Sell-Side Perspective

[X]
×