kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45895,55   2,12   0.24%
  • EMAS1.333.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kolaborasi mengampayekan edukasi keamanan data pribadi kepada masyarakat


Kamis, 09 September 2021 / 19:44 WIB
Kolaborasi mengampayekan edukasi keamanan data pribadi kepada masyarakat
ILUSTRASI. Digital Banking Head Bank BTPN, Irwan Tisnabudi


Reporter: Noverius Laoli | Editor: Noverius Laoli

KONTAN.CO.ID -  JAKARTA. Bertepatan dengan momen Hari Pelanggan Nasional, Jenius dari Bank BTPN, blu by BCA Digital, BCA, BNI, dan Twitter Indonesia menggelar rangkaian kegiatan edukasi keamanan. Ini merupakan program kolaborasi kampanye edukasi #DatamuRahasiamu

Direktur Pengawasan Sistem Pembayaran dan Pengawas Spesialis Departemen Surveilans Sistem Keuangan (DSSK) Bank Indonesia (BI) Anton Daryono mengatakan, program ini terinspirasi dari BI sebagai pencetus pesan keamanan bagi masyarakat Indonesia agar semakin waspada dari berbagai modus penipuan yang terjadi. 

“Melihat akselerasi digital yang semakin cepat tentunya harus diikuti dengan kewaspadaan akan beragam modus kejahatan siber yang terus berkembang. Kami menyambut baik dan mendukung penuh inisiatif kolaborasi kampanye #DatamuRahasiamu yang dilakukan antar institusi ini,” ungkap Anton, dalam keterangannya, Kamis (9/9). 

Ia berharap melalui kolaborasi ini, edukasi mengenai keamanan perbankan dan pentingnya menjaga data pribadi semakin diterima oleh masyarakat yang lebih luas lagi.

Baca Juga: Aplikasi PeduliLindungi aman digunakan, simak penjelasan Satgas Covid-19

Sementara itu, Digital Banking Head Bank BTPN, Irwan Tisnabudi, mengatakan, sesuai dengan semangat Jenius untuk terus berkorelasi dan berkolaborasi, edukasi keamanan melalui kegiatan #DatamuRahasiamu akan semakin maksimal jika dapat dilakukan bersama demi terwujudnya ekosistem perbankan yang aman. 

"Untuk itu, kami mendukung penuh kegiatan #DatamuRahasiamu dan terus menambah keamanan di Jenius. Agar pemahaman masyarakat mengenai keamanan semakin optimal, Jenius memperkenalkan laman www.jenius.com/pages/jeniusaman yang berisikan informasi keamanan digital terkini,” kata Irwan.

Hal senada juga disampaikan oleh Duardi Prihandiko, Head of Marketing & Communication BCA Digital. Ia bilang, kolaborasi ini melibatkan stakeholders dari berbagai pihak untuk edukasi keamanan yang komprehensif dan impactful

"Bersama-sama, kami akan melakukan pendekatan komunikasi yang variatif dan relevan untuk menjangkau masyarakat seluas-luasnya, karena keamanan selalu merupakan isu dua sisi," terangnya.

Semangat kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu juga disampaikan oleh Senior Vice President Marketing Communication BCA Norisa Saifuddin. Menurutnya, telah menjadi komitmen BCA untuk senantiasa memprioritaskan keamanan data nasabah, maka dari itu BCA memberikan dukungan penuh dan nyata terhadap gerakan kolaborasi #DatamuRahasiamu

Baca Juga: Hati-hati modus penipuan mengatasnamakan BCA via telepon

"Keamanan bertransaksi digital merupakan tanggung jawab bersama antara penyedia layanan perbankan maupun penggunanya. Harapannya melalui kolaborasi ini dapat meningkatkan tingkat edukasi nasabah mengenai pentingnya menjaga data pribadi," tuturnya.

Senior Executive Vice President Bisnis Digital BNI, Rian Eriana Kaslan pada kesempatan yang sama mengatakan, Bank BNI menaruh harapan besar terkait kampanye ini. Menurutnya, dengan adanya kampanye ini, Pengguna Layanan bisa lebih memahami bahwa menjaga dan melindungi data pribadi adalah juga merupakan tanggung jawab personal pengguna layanan. 

"Pengguna layanan bisa lebih berhati-hati terhadap upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum-oknum yang mengaku sebagai petugas bank/petugas BNI melalui telepon, chat platform, faks atau e-mail, yang menanyakan data pribadi, termasuk password/ MPIN/PIN/OTP," imbuhnya.

Lebih lanjut, keamanan digital ini juga menjadi perhatian utama dari Twitter Indonesia sebagai penyedia layanan digital bagi masyarakat Indonesia. Country Industry Head, Indonesia, Twitter, Dwi Adriansah, menyampaikan, menjaga agar semua orang tetap aman dan terlindungi adalah satu satu prioritas utama kami di Twitter. 

Baca Juga: Hanya tutup data pribadi pejabat di PeduliLindungi, Menkes dinilai diskriminatif

"Dengan perkembangan dan adopsi teknologi yang semakin pesat, data pribadi menjadi hal yang sangat berharga. Dengan berkolaborasi di kampanye #DatamuRahasiamu, Twitter berkomitmen untuk menjadi bagian dari peningkatan kesadaran masyarakat agar lebih mengerti mengenai betapa pentingnya menjaga keamanan data, terutama ketika sedang berada di ranah digital,” katanya.

Modus kejahatan digital akan terus berkembang, namun risiko kerugian dapat diminimalkan dengan penambahan keamanan dari penyedia layanan dan peningkatan kesadaran pengguna layanan untuk terus melindungi informasi rahasia dan pribadi miliknya. Kolaborasi edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini merupakan awal dari kegiatan edukasi keamanan yang akan dilakukan secara berkelanjutan.

Program kolaborasi lintas institusi dan sektoral ini secara simbolis juga ditandai dengan penggunaan logo kampanye edukasi  #DatamuRahasiamu. Kedepannya akan ada serangkaian kegiatan edukasi yang dilakukan oleh masing-masing bank dan institusi yang bergabung dalam kampanye ini, serta kegiatan bersama. 

Harapannya, semakin banyak lagi mitra yang bergabung untuk menyampaikan edukasi keamanan #DatamuRahasiamu ini untuk menjangkau masyarakat lebih luas lagi sehingga akan semakin banyak masyarakat Indonesia yang paham akan perlindungan informasi rahasia dan pribadi miliknya.

Selanjutnya: Ini aturan terbaru perjalanan kereta api, pesawat terbang di PPKM Jawa Bali

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Accounting Mischief Practical Business Acumen

[X]
×