kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

KSP Indosurya Klaim Telah Bayar Cicilan Kewajiban, Ini Kenyataannya!


Senin, 07 Februari 2022 / 20:43 WIB
KSP Indosurya Klaim Telah Bayar Cicilan Kewajiban, Ini Kenyataannya!
ILUSTRASI. Hanya nasabah dengan simpanan kurang dari Rp 500 juta yang telah mendapat pembayaran cicilan lebih dari 50% sisanya belum. /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/28/04/2020


Reporter: Avanty Nurdiana | Editor: Avanty Nurdiana

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Koperasi Simpan Pinjam (KSP) Indosurya klaim telah membayar kewajiban kepada para nasabah. Hal tersebut sesuai dengan putusan hukum homologasi yang ditetapkan inkraacht. 

Liana dan Halim, dua anggota KSP Indosurya yang memiliki simpanan di bawah 250 juta mengungkapkan, sudah menerima cicilan hingga  50% dari simpanannya. 

"Kami sudah menerima pembayaran sampai setengahnya (dari dana simpanan.red). Semuanya lancar, dan sampai sekarang pengurus masih lancar bayarnya," kata Halim yang berprofesi sebagai wiraswasta, berdasarkan rilis yang diterima KONTAN, Senin (7/2).

Baca Juga: Satgas Penanganan Koperasi Bermasalah Desak Pengurus KSP Indosurya Transparan

Hal sama dikatakan Liana, yang sudah enam tahun bergabung di KSP Indosurya. Dia mengatakan, tetap lancar menerima cicilan hingga kini. "Saya dari awal setuju homologasi, dan sampai sekarang saya terima lancar. Sudah setengah dari simpanan yang dibayarkan," beber anggota yang berdomisili di Jakarta Timur. 

Darmawan mengaku yang memiliki simpanan hampir Rp 500 juta, mengatakan sudah menerima cicilan sepertiga simpanan usai putusan homologasi. Dia juga mengatakan, tetap akan bergabung jika KSP Indosurya beroperasi kembali. 

"Per Januari, saya sudah terima sepertiganya, ya prosentasi 33% lah. Saya paham ini masa sulit. Tapi kalau KSP beroperasi kembali normal, sepertinya saya tetap ikutan," papar Darmawan. 

Namun berdasarkan wawancara KONTAN dengan beberapa nasabah mereka yang telah menerima pembayaran adalah simpanan yang di bawah Rp 500 juta. Pasalnya, salah satu nasabah KSP Indosurya Awan Sastrawijaa mengatakan dirinya yang memiliki simpanan Rp 700 juta baru menerima cicilan kurang dari Rp 150.000 per bulan. 

"Sampai kapan mbak ini lunasnya," keluh Awan. Padahal menurut janji KSP Indosurya akan membayar cicilan 25% di tahun pertama atau tahun 2021 untuk kelompok B. Dan janji tersebut telah meleset. Sekedar informasi Indosurya telah gagal bayar sejak awal 2020. 

Baca Juga: Satgas Penanganan Koperasi Mulai Kawal Penanganan Koperasi Bermasalah

Sementara teman Awan yang lain yakni Yan Tarmadi mengaku jika simpanannya senilai Rp 250 juta 50% sudah dibayar dan sisanya belum ditransfer lagi. "Terakhir ditransfer pada Oktober 2021 untuk cicilan ke 12 bulan September 2021," ujar Yan dikutip dari chat dengan Awan. 




TERBARU

[X]
×