kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Kuartal I, penyaluran KUR nasional capai Rp 31 triliun


Kamis, 26 April 2018 / 13:31 WIB
Kuartal I, penyaluran KUR nasional capai Rp 31 triliun
Deputi Bidang Pembiayaan Kemkop UKM Yuana Sutyowati


Reporter: Maizal Walfajri | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pemerintah terus berupaya menyalurkan kredit usaha rakyat (KUR). Berdasarkan catatan Kementerian Koperasi dan UKM (Kemkop UKM) realisasi penyaluran KUR hingga akhir Maret 2018 sebesar Rp 31 triliun kepada 1,2 juta debitur. 

Perinciannya KUR Mikro sebesar Rp 19,9 triliun, KUR ritel sebesar Rp 11 triliun dan KUR TKI sebesar Rp 66 miliar.

Deputi Bidang Pembiayaan Kemkop UKM Yuana Sutyowati mengatakan pada tahun ini pemerintah menargetkan alokasi penyaluran KUR sebesar Rp 120 triliun, lebih besar dari tahun sebelumnya yang hanya Rp 110 triliun. Sedangkan total realisasi KUR tahun 2017 Rp 96,7 triliun kepada lebih dari 4 juta debitur.

Guna mempercepat penyaluran KUR, pemerintah mempunyai strategi yakni dengan menurunkan suku bunga dari 9% menjadi 7% per tahun. Selain itu, melakukan penambahan bank penyalur KUR, mengikutsertakan Lembaga Keuangan Bukan Bank (LKBB) sebagai penyalur KUR, dan mengikutsertakan koperasi sebagai penyalur KUR.

"Dengan semakin banyaknya channel penyalur KUR diharapkan realisasi penyalurannya dapat lebih mudah dan cepat", ujar Yuana dalam siaran pers, Kamis (26/4).

Yuana bilang pihaknya akan terus melakukan pendampingan penyaluran KUR. Sebab menurut Yuana pendampingan sangat penting karena tidak sedikit pelaku usaha mikro yang masih takut berhubungan dengan perbankan dan masih terbatas kemampuannya menyiapkan hal-hal administratif yang dibutuhkan dalam pengajuan KUR.

"Ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan pemerintah pusat untuk mempercepat realisasi penyaluran KUR, yakni bekerjasama dengan Pemerintah Daerah melakukan kegiatan pendampingan kepada UKM," jelas Yuana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×