kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   -10,56   -1.11%
  • EMAS926.000 -0,32%
  • RD.SAHAM 0.35%
  • RD.CAMPURAN 0.29%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.05%

Laba sejumlah bank masih terangkat selama pandemi


Selasa, 19 Oktober 2021 / 17:43 WIB
Laba sejumlah bank masih terangkat selama pandemi
ILUSTRASI. Karyawan melintas di depan logo Bank Woori Saudara (BWS) Jakarta, Rabu (29/4). KONTAN/Carolus Agus Waluyo/29/04/2020.

Reporter: Ferrika Sari | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Di tengah perlambatan ekonomi, sejumlah bank asing sukses meraih kinerja positif. Terlihat dari peningkatan laba perusahaan dan diproyeksi tumbuh positif sampai akhir tahun. 

PT Bank Woori Saudara Indonesia Tbk, misalnya, mengantongi laba bersih Rp 384,58 miliar per Agustus 2021. Nilai itu meningkat 8,69% dari realisasi Agustus 2020 lalu yakni sebesar Rp 353,80 miliar. 

Direktur Risiko dan Kepatuhan Bank Woori Sadhana Priatmadja mengungkapkan, pertumbuhan laba perusahaan berkat peningkatan penyaluran kredit di sektor perdagangan yang tidak terpengaruh dampak pandemi Covid-19. 

"Di samping itu, biaya dana terus diturunkan. Perusahaan mengganti dana mahal dengan dana murah," kata Sadhana, Senin (18/10). 

Baca Juga: Inikah bank yang akan diakuisisi BNI?

Selain itu, bisnis di segmen konsumer berbasis payroll dari pemerintah juga mengangkat kinerja bank yang mayoritas dimiliki Woori Bank Korea ini. Dengan realisasi itu, Bank Woori optimistis bisa meraih laba lebih dari Rp 500 miliar sampai akhir tahun. 

"Tapi, kami juga harus tetap memperhitungkan risiko penurunan kualitas kredit sampai dengan akhir tahun," ungkapnya. 

Tak berbeda jauh, PT Bank Danamon Indonesia juga kantongi laba lebih besar. Per Agustus 2021, laba bank swasta ini menyentuh angka Rp 1,29 triliun, atau naik 16,25% yoy dari tahun lalu. 

Credit & Legal Director Bank Danamon Dadi Budiana yakin, pemulihan ekonomi akan berdampak pada pertumbuhan bisnis bank. Dengan begitu, kinerja industri perbankan semakin baik di sisa tahun 2021. 

Bank Danamon akan terus menggandeng MUFG Bank sebagai strategi mendorong pertumbuhan bisnis. Mengingat, perbankan asal Jepang, MUFG Bank, Ltd menjadi pemegang saham pengendali Bank Danamon. "Di samping, kami terus menerapkan pemulihan kualitas aset, terutama kredit nasabah yang direstrukturisasi," jelas Dadi. 

Baca Juga: Hingga akhir tahun, BNI Life targetkan pendapatan premi unitlink Rp 1,58 triliun

Tak hanya itu, digitalisasi juga menjadi fokus utama perusahaan untuk pelayanan nasabah, melalui platform D Bank PRO yang diluncurkan Mei 2021 lalu. Lalu dibarengi dengan kerja sama dengan pemain digital dan fintech.

Sementara itu, PT Bank CIMB Niaga Tbk peroleh laba Rp 2,71 triliun per Agustus 2021, naik 48,90% dari realisasi Agustus 2020 Rp 1,82 triliun. Untuk mendukung bisnis perusahaan, CIMB Niaga terus meningkatkan customer experience dengan menawarkan berbagai produk dan layanan yang komprehensif melalui 428 jaringan kantor termasuk 33 mobile branch dan 37 digital lounge

Selanjutnya: Penyaluran kredit sindikasi turun 23% hingga pertengahan Oktober 2021

 

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

[X]
×