kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.345.000 0,75%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Mandiri Capital Indonesia Berikan Pendanaan Senilai US$ 4 Juta untuk Kecilin


Selasa, 02 Mei 2023 / 16:44 WIB
Mandiri Capital Indonesia Berikan Pendanaan Senilai US$ 4 Juta untuk Kecilin
ILUSTRASI. PT Mandiri Capital Indonesia (MCI) beri pendanaan ke Kecilin


Reporter: Ferry Saputra | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mandiri Capital Indonesia (MCI) memimpin investor ProvidentGrowth, BNI Ventures, hingga Arkana dalam menyuntikkan pendanaan pra-seri A senilai US$ 4 juta atau setara Rp 60 miliar kepada start-up teknologi kompresi database, Kecilin.

Pendanaan tersebut akan digunakan untuk memperluas inisiatif bisnis baru dan mengembangkan produk.

Chief Investment Officer PT Mandiri Capital Indonesia Dennis Pratistha mengatakan ekonomi digital yang makin besar mengakibatkan jumlah penyimpanan dan transfer data oleh korporat juga akan meningkat. Hal itu tentu membuka peluang besar di industri Software-as-a-Service (SaaS).

"Oleh karena itu, kami percaya Kecilin dapat menjadi market leader di industri tersebut dan dapat membantu bisnis kecil atau pun besar untuk mengurangi biaya bandwidth. Pendanaan itu merupakan salah satu upaya MCI dalam memperkuat ekosistem digital nasional yang berdampak dan berkelanjutan,” ucap dia dalam keterangan resminya, Selasa (2/5).

Chief Technology Officer dan Founder Kecilin Christopher Farrel merasa senang mendapat dukungan dari para investor untuk melakukan ekspansi bisnis.

Dia menambahkan, bersama MCI dan investor lain, Kecilin berkomitmen untuk terus berinovasi demi mengembangkan produk yang baik sehingga bisa memberikan value added lebih besar untuk melayani pasar Indonesia maupun di luar negeri.

Baca Juga: Mandiri Capital Indonesia Belum Berniat Exit dari Saham GOTO dan BUKA

Christopher bilang, pada tahun ini, Kecilin akan terus menargetkan pelanggan baru dengan cara memperluas vertikal industri pelanggan melalui pengembangan produk.

"Kami akan menambahkan produk yang ditawarkan dan memperluas pasar ke luar Indonesia untuk tiga tahun ke depan,” ungkapnya.

Christopher menyampaikan Kecilin menawarkan kelebihan dapat mengurangi file size, termasuk video, gambar, dokumen, dan teks, hingga 99%. Layanan tersebut berguna bagi UMKM dan korporasi besar, termasuk dalam pengurangan biaya, mempercepat penyimpanan, dan transfer data.

Adapun Kecilin merupakan salah satu start-up yang mengikuti MCI Xponent Batch 2 pada 16 Maret 2023 dan telah menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) bersama IT Application Development Group Bank Mandiri. Disebutkan lingkup kerja sama penggunaan produk dan layanan Kecilin untuk mendukung aktivitas perbankan digital Bank Mandiri.

Selain Kecilin, Bank Mandiri melalui MCI telah berinvestasi di 25 start-up Indonesia dengan lebih dari 15 vertikal sejak 2016. Adapun perusahaan yang telah disuntikkan dana, seperti Open Banking, AgriTech, AquaTech, P2P Lending, Digital Identity, Payment Solution, dan MSMEs Tech Solution. (*)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP) Negosiasi & Mediasi Penagihan yang Efektif Guna Menangani Kredit / Piutang Macet

[X]
×