kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45761,05   23,90   3.24%
  • EMAS1.013.000 -0,30%
  • RD.SAHAM 1.08%
  • RD.CAMPURAN 0.54%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.03%

Masih populer, pengguna kartu kredit dan kartu debit melesat


Minggu, 16 Februari 2020 / 14:33 WIB
Masih populer, pengguna kartu kredit dan kartu debit melesat
ILUSTRASI. Direktur Commercial & Retail Transaction Bank Mandiri Hery Gunardi (kedua kanan) bersama President Traveloka Group Operations Henry Hendrawan (kedua kiri) didampingi Direktur Teknologi Informasi Bank Mandiri Rico Usthavia Frans (kiri) dan Kepala OJK Regio

Reporter: Annisa Fadila | Editor: Anna Suci Perwitasari

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Keberadaan fintech tak membuat produk perbankan seperti kartu kredit dan kartu debit ditinggalkan. Buktinya, jumlah penerbitan kartu kredit dan kartu debit di perbankan masih tumbuh signifikan. 

Contohnya, PT Bank Mandiri Tbk yang berhasil mencatatkan kenaikan penerbitan kartu kredit sebesar 7,8% di 2019 lalu. Di mana jumlah, kartu kredit perbankan pelat merah ini mencapai 1,9 juta. 

Sementara untuk pemegang kartu debit, tercatat mencapai 21,7 juta atau naik 15,39% dibandingkan tahun 2018 lalu.

Direktur Consumer & Retail Transaction Bank Mandiri Hery Gunardi mengatakan, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya, pertumbuhan kartu kredit dari sisi penjualan mencapai 16%. Sedangkan sisi penjualan kartu debit tumbuh di kisaran 6%-6,86%.

Baca Juga: Bank Mandiri gandeng Traveloka untuk memperkuat bisnisnya di segmen pariwisata

“Untuk kartu kredit, di tahun 2020 akuisisi kartu diharapkan mampu tumbuh sekitar 9% dari tahun sebelumnya. Secara sales volume, diharapkan kartu kredit bisa tumbuh 9%-9,8% dari tahun sebelumnya,” kata dia kepada Kontan.co.id baru-baru ini.

Sedangkan untuk kartu debit, Bank Mandiri menargetkan di tahun 2020 terdapat kenaikan sebesar 15% - 15,5% untuk kartu baru. Sementara volume sales Bank Mandiri juga diproyeksikan tumbuh 7,2% dari tahun lalu. 

Serupa, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk juga mencatat pertumbuhan kartu kredit. Corporate Secretary Bank BRI Amam Sukriyanto mengatakan, hingga akhir tahun 2019 kartu debit BRI (Britama & Simpedes) yang beredar tercatat 55,5 juta kartu. Artinya ada kenaikan sebesar 24,65% dibandingkan tahun 2018 lalu.

DONASI, Dapat Voucer Gratis!
Dukungan Anda akan menambah semangat kami untuk menyajikan artikel-artikel yang berkualitas dan bermanfaat.

Sebagai ungkapan terimakasih atas perhatian Anda, tersedia voucer gratis senilai donasi yang bisa digunakan berbelanja di KONTAN Store.



TERBARU

[X]
×