kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45922,18   12,88   1.42%
  • EMAS1.343.000 -0,81%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Layanan Digital Berkembang, Nasabah Senang, Bank CIMB Niaga Makin Cuan


Minggu, 05 November 2023 / 05:40 WIB
Layanan Digital Berkembang, Nasabah Senang, Bank CIMB Niaga Makin Cuan
ILUSTRASI. Memacu Inovasi Digital, Nasabah Senang, Bank CIMB Niaga Makin Cuan


Reporter: Adi Wikanto, Nurtiandriyani Simamora | Editor: Adi Wikanto

KONTAN.CO.ID - Jakarta. Datang ke bank dan antre di depan layanan nasabah adalah cerita usang yang kini sudah tidak dialami Eko PS Haryanto, pengusaha muda asal Semarang Jawa Tengah. Di zaman canggih ini, pengelolaan keuangan pribadi maupun perusahaan bisa berlangsung dengan mudah melalui sentuhan ujung jari di layar smartphone.

Bukan hanya untuk transfer atau pembayaran tagihan listrik, telepon dan internet bulanan. Hanya dengan duduk sambil menikmati secangkir kopi, alumnus Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto-Jawa Tengah ini bisa mengatur sendiri perubahan gaji karyawannnya.

Hal itu berkat penggunaan aplikasi OCTO Mobile milik PT Bank CIMB Niaga Tbk (BNGA). Pengusaha asal Purworejo-Jawa Tengah ini telah menjadi nasabah Bank CIMB Niaga sejak tahun 2016. "Sejak buka tabungan di CIMB Niaga, saya sudah menggunakan layanan mobile banking untuk berbagai transaksi," papar Eko akhir Oktober 2023 kemarin.

Awalnya, pengusaha jasa pest control ini hanya membuka rekening tabungan di Bank CIMB Niaga. Bersamaan itu, ia memasang aplikasi mobile banking Bank CIMB Niaga yakni Go Mobile di handphone (hp). Tak lama kemudian, ada inovasi yang mengubah Go Mobile menjadi The New Go Mobile.

Baca Juga: Laba Sebelum Pajak CIMB Niaga Auto Finance Naik 2,45% Hingga September 2023

Puas dengan layanan mobile banking, Eko menambah rekening giro di bank swasta dengan aset terbesar kedua di Indonesia tersebut. Ia semakin mempercayakan penyimpanan dananya di Bank CIMB Niaga setelah ada perubahan The New Go Mobile mencapai OCTO Mobile.

"Semua transaki keuangan semakin mudah dilakukan dari hp, payroll gaji, pembayaran barang kantor, pembayaran dengan QRIS, tagihan-tagihan kantor dan rumah, semua dikerjakan dari OCTO," cerita Eko.

Direktur dan Pendiri PT Pestindo Centra Optima (PCO) ini memiliki 200-an karyawan. "Enaknya menggunakan OCTO Mobile, data payroll bisa kita atur sendiri tanpa perlu datang ke kantor cabang," ungkap Eko.

Dengan OCTO Mobile pula, nasabah Bank CIMB Niaga bisa membuka rekening baru tanpa harus ke kantor cabang. Eko mengaku selain rekening giro, ia juga memiliki tiga rekening non giro di Bank CIMB Niaga.

Meski sejauh ini sudah puas dengan kemampuan OCTO Mobile, Eko berharap manajemen Bank CIMB Niaga terus berinovasi dan meningkatkan layanan. Pasalnya, belakangan ini OCTO Mobile sering error untuk bertransaksi. "Terutama untuk transfer antar bank, sering gagal," ujar Eko.

Eko PS Haryanto telah menggunakan Octo Mobile dari Bank CIMB Niaga sejak lama

Inovasi digital CIMB Niaga

CIMB Niaga memang sangat serius menjadikan OCTO Mobile sebagai super App untuk memanjakan nasabah. Di tengah perkembangan teknologi informasi, kebutuhan aplikasi yang serba bisa adalah keharusan.

Tak heran, manajemen CIMB Niaga terus berinovasi mengembangkan OCTO Mobile. Layanan mobile banking tersebut telah mampu melayani transaksi keuangan nasabah yang sebelumnmya hanya bisa dilakukan di kantor cabang. Dengan OCTO Mobile, nasabah juga bisa melakukan berbagai transaksi keuangan, pembelian, pembayaran, transfer, pencairan bunga deposito untuk diinvestasikan kembali, isi ulang kartu e-money melengkapi fitur top up e-wallet yang sudah ada, hingga pembayaran tagihan pajak kendaraan bermotor.

Nasabah juga bisa langsung berinvestasi saham, obligasi dan reksadana melalui OCTO Mobile. Dengan sentuhan jari, nasabah dapat membuka rekening dana untuk investasi dengan sumber dana beragam, yakni rekening ponsel, tabungan, kartu kredit, dan Point Xtra.

Terbaru, manajemen Bank CIMB Niaga atau CIMB Niaga Syariah meluncurkan OCTO Card Syariah, pada 19 Oktober 2023. OCTO Card Syariah adalah kartu pembiayaan digital syariah tanpa kartu fisik (plastik) yang juga pertama di Indonesia, sekaligus merupakan implementasi Sustainable Development Goals (SDGs).

OCTO Card Syariah terintegrasi dengan aplikasi digital banking OCTO Mobile, sehingga nasabah dapat melakukan beragam transaksi baik di merchant online maupun offline. Dengan OCTO Card Syariah, nasabah tidak perlu khawatir ketinggalan atau kehilangan kartu kredit lagi.

"Kami berharap nasabah dapat merasakan pengalaman bertransaksi yang lebih baik menggunakan produk syariah,” kata Direktur Syariah Banking CIMB Niaga Pandji P. Djajanegara, saat peluncuran OCTO Card Syariah di Jakarta.

Daftar haji online

Selain transaksi perbankan, CIMB Niaga Syariah sebelumya berinovasi untuk mempercepat proses pendaftaran calon jemaah haji yaitu melalui internet banking OCTO Clicks yang terhubung dengan Sistem Komputerisasi Haji Terpadu (Siskohat) dan didukung layanan aplikasi Haji Pintar dari Kementerian Agama (Kemenag). Dengan pembaruan tersebut, proses pendaftaran Haji semakin praktis tanpa harus datang ke Bank dan Kantor Kementerian Agama (Kemenag). Semua proses mulai dari registrasi hingga mendapatkan validasi dan porsi Haji bisa dilakukan secara online.

Selain pendaftaran secara self service melalui OCTO Clicks, CIMB Niaga Syariah juga menyediakan “Teman Haji” atau Hajj Business Sales Representative (HBSR). "Teman Haji" siap membantu calon jemaah Haji untuk melakukan pembukaan rekening, pendaftaran Haji, sampai mendapatkan porsi Haji baik secara online maupun melalui kantor cabang CIMB Niaga dan Kantor Pelayanan Haji Satu Atap Kemenag.

Bank CIMB Niaga Syariah sudah menjadi Bank Penerima Setoran Biaya Penyelenggaraan Ibadah Haji (BPS BPIH) sejak tahun 2014. Hingga saat ini, jumlah pendaftar Haji melalui CIMB Niaga Syariah telah mencapai 199.000 orang.

Inovasi digital lainnya adalah peningkatan jumlah CIMB Niaga Digital Lounge. CIMB Niaga Digital Lounge adalah kantor cabang dengan layanan berbasis digital yang ramah lingkungan karena sudah paperless.

Dengan Digital Lounge, masyarakat dapat melakukan berbagai aktivitas layanan perbankan, mulai dari pembukaan rekening tabungan melalui mesin self service banking hanya dalam waktu 5 menit, hingga video banking untuk beragam transaksi. Nasabah juga bisa melakukan tarik setor tunai, TV interaktif, dan berbagai layanan lain yang dapat dilakukan secara mandiri.

Hingga Agustus 2023, CIMB Niaga telah memiliki 36 Digital Lounge. Manajemen menargetkan 38 Digital Lounge hingga akhir tahun 2023 ini. Terbaru, manajemen CIMB Niaga meresmikan Digital Lounge di Bali pada 27 Oktober 2023. "Pertama kali konsep digital branch dikenalkan di Jakarta, ternyata sambutan masyarakat sangat bagus sehingga mendorong kami untuk membawa digital branch ke kota lain termasuk Bali", ungkap Chief of Network & Digital Banking CIMB Niaga Budiman Tanjung dalam keterangan tertulis.

Tampaknya, sektor digital menjadi perhatian besar manajemen Bank CIMB Niaga tahun 2023 ini. Terbukti, Bank CIMB Niaga menyiapkan belanja modal atau capital expenditure (capex) senilai Rp 1 triliun tahun ini untuk sektor digital. Selain untuk terus mengembangkan layanan digital banking, dana tersebut juga guna memperkuat kapasitas keamanan sistem teknologi informasi (TI).

Presiden Direktur Bank CIMB Niaga Lani Darmawan menyatakan, belanja modal tersebut penting untuk mendukung keamanan dan kenyamanan nasabah. CIMB Niaga ingin memastikan layanan digital kepada nasabah aman dari malware maupun praktik pencurian data oleh hacker.

Kinerja Bank CIMB Niaga 30 September 2023

Hasilnya, jumlah pengguna OCTO Mobile hingga kuartal III 2023 sebanyak 2,9 juta. Pada akhir tahun 2022, pengguna layanan mobil banking tersebut mencapai 2,5 juta.

Pada periode yang sama, pengguna layanan digital lainnya juga meningkat. Pengguna OCTO Clicks naik dari 1,6 juta menjadi 1,8 juta. Pengguna OCTO Pay meningkat dari 5,3 juta menjadi 5,5 juta.

Peningkatan penggunaan layanan digital turut berkontribusi terhadap peningkatan kinerja Bank CIMB Niaga. Pada kuartal III 2023 CIMB Niaga berhasil mencatatkan kenaikan laba hingga 27,6% secara tahunan (YoY) menjadi Rp 4,9 triliun.

Kepercayaan nasabah pun semakin besar. Terindikasi dari jumlah Dana Pihak Ketiga (DPK) mencapai Rp 235,226 triliun, tumbuh 6% YoY. Penyaluran kredit pun tumbuh 5,2% YoY menjadi Rp 205,58 triliun.

Ya, inovasi bidang digital adalah kunci penting di zaman canggih ini. Layanan digital harus terus dikembangkan agar nasabah semakin senang dan perusahaan tambah cuan!

Selanjutnya: Bahrain Menangguhkan Hubungan Ekonomi dengan Israel Demi Palestina

Menarik Dibaca: BMKG Rilis Peringatan Dini Cuaca Besok Hujan Lebat, Provinsi Ini Waspada Bencana

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
Success in B2B Selling Omzet Meningkat dengan Digital Marketing #BisnisJangkaPanjang, #TanpaCoding, #PraktekLangsung

[X]
×