kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45985,97   -4,40   -0.44%
  • EMAS1.222.000 0,41%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik kerja sama multifinance dengan e-commerce yang kini makin ramai


Selasa, 23 Juli 2019 / 21:48 WIB
Menilik kerja sama multifinance dengan e-commerce yang kini makin ramai


Reporter: Agustinus Respati | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kerja sama antara perusahaan multifinance dengan e-commerce kini makin ramai. Hal ini tentu saja demi meningkatkan penyaluran pembiayaan secara online.

Direktur Mandiri Tunas Finance (MTF) Haryanto Tjitohardjojo mengakui pihaknya telah bekerja sama dengan beberapa e-commerce dan marketplace. Beberapa pihak yang bekerja sama dengan MTF adalah Tokopedia, Bukalapak, Blibli.com, JD.ID, MobilWow, dan Carmudi.

Baca Juga: Ini pertimbangan Home Credit untuk bekerja sama dengan e-commerce

Skema kerja sama MTF dan e-commerce antara lain dengan membentuk branding dan melakukan promo. MTF juga akan memberikan success fee kepada e-commerce ketika terjadi transaksi yang terjadi pada pihaknya.

Saat ini pembiayaan paling tinggi di MTF ada di sektor mobil baru. Belakangan, kerja sama untuk pembiayaan multiguna mulai digencarkan. Beberapa detail multiguna yang akan menjadi fokus adalah modal kerja, renovasi rumah, pendidikan, kesehatan, umroh, dan traveling.

Harjanto juga menyiapkan beberapa strategi untuk menggenjot kinerja dengan e-commerce. Pertama, menambah kuantitas produk. MTF akan memperbanyak pemberian potongan harga, hadiah, sampai potongan admin dan bunga.

Sementara dari sisi produk, pihaknya siap menambah mobil baru, dan mulai merambah sektor multiguna.

Baca Juga: Salurkan pendanaan multiguna, Home Credit gandeng Bukalapak

Hasil kerja sama MTF dengan e-commerce mulai Januari-Juni 2019 ada di angka Rp 36,2 milliar. Angka ini meroket dari periode yang sama tahun 2018 yang hanya sekitar Rp 2 miliar. 

Menurut penjelasan Harjanto, hal ini disebabkan karena tahun 2018, MTF baru bekerja sama dengan empat e-commerce. Sementara tahun ini tercatat dua belas e-commerce telah bekerja sama dengan MTF.




TERBARU
Kontan Academy
Mastering Financial Analysis Training for First-Time Sales Supervisor/Manager 1-day Program

[X]
×