kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45898,78   -24,72   -2.68%
  • EMAS1.319.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Menilik Taktik Jitu Perbankan Digital pada Tahun 2023


Senin, 30 Januari 2023 / 21:33 WIB
Menilik Taktik Jitu Perbankan Digital pada Tahun 2023
ILUSTRASI. Layanan perbankan digital: Livin by Bank Mandiri


Reporter: Arif Ferdianto | Editor: Yudho Winarto

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan digital di Indonesia telah menetapkan target pada tahun 2023. Tentunya target tersebut dihimpun berdasarkan hasil evaluasi sepanjang tahun 2022 lalu.

PT Bank Digital BCA (BCA Digital) atau yang akrab disebut Blu by BCA misalnya, menargetkan hingga akhir tahun 2023 jumlah nasabah bisa mencapai 2 juta pengguna. Selain itu, dari segi Dana Pihak Ketiga (DPK) diharapkan naik ke level Rp 11 triliun.

“(DPK) posisi tahun lalu di Desember 2022 Rp 6,8 triliun, di Desember 2021 itu Rp 1,7 triliun bertambah sekitar Rp 5 triliun jadi Rp 6,8 triliun. Tahun ini pun target kita juga sama tambah sekitar Rp 5 triliun jadi Rp 11 triliun,” ujar Senior Vice President (SVP) Head of Digital Business BCA Digital, Edwin Tirta di Jakarta, Senin (30/1).

Selain itu, Edwin juga menyebutkan, dari segmen kredit pihaknya menargetkan penambahan nilai yang sama dengan tahun sebelumnya yakni sebesar Rp 3,2 triliun.

“Kemarin sempat disinggung oleh pak Jahja (Direktur Utama Bank BCA) menyampaikan bahwa di tahun ini adalah tahun BCA Digital masuk ke Hijau,” sebutnya.

Baca Juga: BCA Digital Gandeng MRT Jakarta, Permudah Pembelian Tiket Lewat Aplikasi

Edwin menuturkan beberapa strategi yang telah disiapkan untuk mencapai target tersebut, pertama pihaknya fokus mendapatkan nasabah bukan sekedar menabung tetapi juga bertransaksi.

“Kedua, kami tahun lalu itu mungkin terlihat di sisi funding business, tahun ini akan fokus ke landing business. Segmen untuk landing-nya yaitu untuk retail, di sisi lain tahun lalu kita juga fokus ke yang sifatnya channeling, join financing dan sebagainya,” tuturnya.

Lebih lanjut Edwin menambahkan, sejak tahun pertama didirikannya yakni Juni 2021, yang menjadi layanan andalan dari Blu BCA melalui layanan kolaborasi.

“Kita sudah kolaborasi dengan Blibli, terus aktif berkolaborasi juga awal tahun ini dengan partner edukasi yaitu ITHB (Institut Teknologi Harapan Bangsa) Bandung dan hari ini kolaborasi dengan MRT Jakarta,” ujarnya.

Sementara itu, SVP Transaction Banking Retail Sales Bank Mandiri Thomas Wahyudi menyebut, tren transaksi digital di tahun 2023 akan semakin meningkat dan perkiraan pencapaian transaksi Livin' By Mandiri meningkat sebesar 25-30% year on year (YoY).




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×