kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45923,49   -7,86   -0.84%
  • EMAS1.319.000 -0,08%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Meski ada pandemi, Asuransi Bintang yakin laba di tahun ini bisa tumbuh


Senin, 21 Desember 2020 / 13:50 WIB
Meski ada pandemi, Asuransi Bintang yakin laba di tahun ini bisa tumbuh
ILUSTRASI. Asuransi Bintang.


Reporter: Tendi Mahadi | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Asuransi Bintang Tbk (ASBI) optimistis masih bisa mencatatkan pertumbuhan kinerja hingga akhir tahun ini meski kondisi industri masih diselimuti tantangan akibat pandemi.

Direktur Utama Asuransi Bintang HSM Widodo bilang dengan kondisi pandemi seperti sekarang, perseroan mesti mencari strategi tak biasa agar bisa mencatatkan kinerja seoptimal mungkin. Salah satunya dengan meningkatkan hasil underwriting yang lebih baik.

Dengan tantangan ekonomi yang dihadapi, hingga penghujung 2020 ini pihaknya memprediksi bisa mengantongi premi sebanyak Rp 446,9 miliar. Jumlah ini sedikit turun dari realisasi premi yang didapat tahun lalu yakni sebesar Rp 450,8 miliar.

Baca Juga: Klaim tebus polis di asuransi jiwa meningkat di tengah pandemi corona

Namun di sisi lain, ia yakin hasil underwriting Asuransi Bintang bisa mengalami peningkatan dibanding tahun 2019. "Hal ini terutama disebabkan oleh terjadinya pencairan cadangan premi sebesar Rp 19,21 miliar dan menurunnya klaim bersih sebesar Rp 23,85 miliar," kata dia, Senin (21/12).

Selain itu, hasil investasi perseroan juga diproyeksikan mengalami peningkatan dibanding tahun 2019 yang terutama disebabkan oleh meningkatnya hasil revaluasi aset investasi yang signifikan sehubungan dengan pembangunan yang pesat di salah satu wilayah aset yang dimiliki perusahaan. 

Meski, ia juga mengakui bahwa ada penurunan pada instrumen investasi yang lain dan turunnya kinerja pasar di triwulan ketiga tahun 2020 sebagai dampak sehubungan dengan pandemi covid 19.

Sampai akhir tahun nanti, Widodo memprediksi perusahaannya bisa mencatatkan kenaikan hasil investasi sebesar Rp 16,61 miliar menjadi Rp 33,18 miliar. Peningkatan hasil investasi ini menutupi peningkatan beban usaha yang dilaksanakan sebagai strategi perusahaan dalam mempertahankan pencapaian produksi premi dalam situasi yang ada saat ini. 

Baca Juga: Forum korban Jiwasraya menolak program restrukturisasi polis yang ditawarkan

Dengan kondisi tersebut laba bersih Asuransi Bintang di tahun ini diprediksi akan mencapai Rp 18,7 miliar dari Rp 8 miliar pada tahun 2019. "Demikian pula dengan laba per saham diproyeksikan menjadi Rp 53 per saham dari Rp 23 per saham di tahun 2019," ungkap dia.




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×