kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |

Meski harganya melambat, Bank BCA tak mengerem kredit di sektor kelapa sawit


Jumat, 14 Juni 2019 / 16:52 WIB
Meski harganya melambat, Bank BCA tak mengerem kredit di sektor kelapa sawit

Reporter: Dina Mirayanti Hutauruk | Editor: Tendi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Perbankan tetap membuka diri untuk menyalurkan kredit di sektor perkebunan kelapa sawit meskipun industri komoditas ini masih terus menghadapi tantangan berat, terutama dari luar negeri. Para produsen crude palm oil (CPO) menghadapi kampanye negatif untuk produk sawit dari Uni Eropa yang berimbas menekan harga komoditas ini.

Salah satunya adalah PT Bank Central Asia Tbk (BCA). Bank swasta terbesar di tanah air ini tidak mengerem penyaluran kredit ke sektor perkebunan kelapa sawit.


"Kami tidak rem penyaluran kredit di sektor ini karena nasabah CPO kami adalah nasabah besar yang sudah memiliki cukup pengalaman." kata Presiden Direktur BCA, Jahja Setiaatmadja di Jakarta baru-baru ini.

BCA menyakini nasabah-nasabah perseroan tetap bisa menjalankan bisnisnya meskipun tantangan sektor itu masih besar dengan modal pengalaman yang sudah dimiliki.

Walaupun tidak menahan, namun penyaluran kredit di sektor CPO menurut Jahja masih lambat karena pelaku industri belum membutuhkan tambahan modal kerja. Dia bilang, nasabah perseroan di sektor ini masih melakukan konsolidasi di tengah perlambatan harga.

"Nasabah kami relatif belum ada appetite untuk tambah modal kerja, belum ada tambahan investasi besar. Tetapi kalau mereka butuh, kami tetap akan bantu." ujar Jahja.




TERBARU

Close [X]
×