kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45920,31   -15,20   -1.62%
  • EMAS1.347.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Musim Konsolidasi, BSI Siap Mengakuisisi Bank Syariah Lain


Rabu, 28 Februari 2024 / 18:58 WIB
Musim Konsolidasi, BSI Siap Mengakuisisi Bank Syariah Lain
ILUSTRASI. Nasabah melakukan transaksi di KCP Bank Syariah Indonesia (BSI) Bintaro, Tanggerang Selatan, Senin (6/11/2023). /pho KONTAN/Carolus Agus Waluyo/06/11/2023.


Reporter: Adrianus Octaviano | Editor: Tendi Mahadi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Meski sudah menjadi raksasa di industri perbankan syariah tanah air, PT Bank Syariah Indonesia Tbk (BRIS) tampaknya belum berpuas diri. Di mana, bank ini siap mengakuisisi bank-bank syariah kecil di musim konsolidasi ini.

Seperti diketahui, Otoritas Jasa Keuangan (OJK) saat ini tengah mengharapkan adanya konsolidasi dari bank umum syariah maupun unit usaha syariah yang nantinya bisa memiliki aset besar. Di mana, harapannya itu bisa melahirkan persaingan dengan BSI yang asetnya sudah jumbo.

Investor Relations Group Head BSI Rizky Budinanda pun mengungkapkan bahwa dengan ekuitas Rp 38,73 triliun, tidak menutup kemungkinan bagi BSI untuk mengakuisisi bank syariah lain. Apabila, aset bagus dan harga reasonable.

Dalam hal ini, Rizky membuka pintu bagi para pemegang saham yang hendak melakukan divestasi terhadap bank syariah yang dimiliki untuk ditawarkan ke BSI. Harapannya, aset BSI pun bisa semakin besar.

Baca Juga: Laba Tumbuh Hingga 33%, Akankah BSI Kembali Bagi Dividen di Tahun Ini?

“Misalnya BCA Syariah, Mega Syariah mereka mau divestasi dan nyuruh BSI beli ya kita happy saja untuk melihat ke sana,” ujarnya.

Lebih lanjut, ia pun bercerita bahwa akuisisi aset juga sudah pernah dilakukan oleh BSI di masa lampau. Ia mencontohkan saat masa di masa bank konvensional sudah tidak bisa lagi beroperasi di Aceh.

Ia pun bilang kala itu BSI juga mengambil beberapa aset syariah dari bank-bank tersebut. Hal tersebut pun juga mendorong pertumbuhan aset yang dimiliki BSI di Aceh.

Tak hanya itu, Rizky pun mengungkapkan saat ini BSI juga sedang menunggu keputusan pemegang saham terkait rencana divestasi kepemilikan saham BSI oleh PT Bank Negara Indonesia Tbk dan PT Bank Rakyat Indonesia Tbk. Oleh karenanya, ia belum mau mengungkapkan perkembangan rencana tersebut.

Baca Juga: Menilik Potensi Keuntungan Anak Usaha Perbankan di Sektor Asuransi

“Entah itu investor asing atau lokal yang masuk, ya ini masih on going discussion,” tandasnya.

Namun, ia menambahkan bukan berarti BSI hanya berdiam diri menunggu. Melainkan, pihaknya juga sudah memberikan usulan terhadap para pemegang saham terkait apa yang seharusnya dimiliki oleh BSI ke depannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×