kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45903,33   4,58   0.51%
  • EMAS1.313.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pasar perbankan syariah ditargetkan di atas 5%


Kamis, 03 Maret 2016 / 14:47 WIB
Pasar perbankan syariah ditargetkan di atas 5%


Sumber: Antara | Editor: Dikky Setiawan

JAKARTA. Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meyakini target 5% pangsa pasar bank syariah dari total pasar perbankan nasional dapat tercapai akhir 2016. Ini, terutama dengan upaya sinergis bersama pemerintah melalui Komite Nasional Keuangan Syariah (KNKS).

Deputi Komisioner Pengawas Perbankan OJK Mulya Siregar,pada Keuangan Syariah Fair di Jakarta, Kamis, mengatakan KNKS akan mengharmonisasi regulasi keuangan syariah sehingga memudahkan pelaku keuangan syariah untuk ekspansi bisnis dan mempertajam penetrasi ke masyarakat.

Pangsa pasar (market share) perbankan syariah mengalami peningkatan dari 4,6% di awal 2015 menjadi 4,87% di akhir 2015, meskipun belum mencapai target di 5,0%.

Indikator pertumbuhan industri yakni aset perbankan syariah hingga akhir 2015 mencapai sekitar Rp 300 triliun.

"Di akhir 2016, kita harapkan Rp350 triliun," ujar Mulya.

Selain langkah harmonisasi regulasi, kata Mulya, KNKS juga akan mengembangkam sosialisasi keuangan syariah kepada masyarakat. Indonesia, sebagai negara dengan total penduduk muslim terbanyak di dunia, diyakini memiliki potensi ekonomi syariah yang sangat tinggi.

OJK, sebagai anggota KNKS, juga menggencarkan sosialisasi keuangan syariah, salah satunya dengan Keuangan Syariah Fair 2016 ini.

Mulya menekankan sosialisasi keuangan syariah harus lebih efektif dibanding tahun-tahun sebelumnya.

"Sosialisasi keuangan syariah harus langsung memaparkan produk-produknya dan di tempat-tempat umum yang dikunjungi banyak orang, jangan lagi hanya di tempat tertutup dan seperti acara diskusi saja," ujarnya.

Selain itu, kata Mulya, OJK juga membuat kelompok kerja Sinergi Komunikasi dan Pemasaran Bersama Keuangan Syariah atau "Sikompak Syariah" sebagai wadah koordinasi OJK dengan para pelaku industri.

"Kami minta antara perbankan, asuransi, pembiayaan dan dana pensiun dapat kompak. Mereka dapat sediakan produk syariah yang saling melengkapi," ujarnya.

Selain perbankan syariah, OJK juga menargetkan pangsa pasar Industri Keuangan Non-Bank (IKNB) syariah dapat mencapai 5%, dari 3,9% pada 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU

[X]
×