kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45931,36   3,72   0.40%
  • EMAS1.320.000 -0,38%
  • RD.SAHAM 0.05%
  • RD.CAMPURAN 0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.00%

Pefindo tegaskan peringkat idAA+ Untuk Mandiri Tunas Finance


Selasa, 09 Oktober 2018 / 18:46 WIB
Pefindo tegaskan peringkat idAA+ Untuk Mandiri Tunas Finance
ILUSTRASI. Mandiri Tunas Finance


Reporter: Ferrika Sari | Editor: Herlina Kartika Dewi

KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Pemeringkatan Efek Indonesia (Pefindo) menegaskan peringkat PT Mandiri Tunas Finance (MTF) dan obligasi di rating idAA+.

Dalam keterangan resmi yang dipublikasikan Pefindo Senin (8/10), menyebutkan, peringkat perusahaan stabil. Peringkat tersebut termasuk obligasi berkelanjutan II Tahap I/2015 Seri A senilai Rp 500 miliar yang jatuh tempo pada 18 Desember 2018.

Terkait hal ini perusahaan mempunyai kesiapan untuk membayar obligasi jatuh tempo, karena didukung pengumpulan atau penagihan piutang bulanan sebesar Rp 2,9 triliun. Obligor dengan peringkat idAA hanya memiliki sedikit perbedaan dengan obligor yang mempunyai peringkat tinggi, tapi tetap mempunyai kapasitas yang kuat untuk memenuhi komitmen jangka panjang terhadap obligor lain di Indonesia.

Tanda plus (+) menunjukkan bahwa peringkatnya relatif kuat di masing-masing kategori. Peringkat tersebut mencerminkan status MTF sebagai anak perusahaan dari PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) yang mempunyai peringkat idAAA atau stabil, di mana perusahaan ini mempunyai posisi bisnis , fleksibitas keuangan dan kualitas aset yang kuat.

Namun peringkat dibatasi oleh profitabilitas yang cenderung moderat. Peringkat dapat dinaikkan jika MTF memperluas posisi bisnisnya secara substansial, sambil mempertahankan kondisi keuangan secara kuat dan konsisten.

Selain itu, MTF juga harus berkontribusi lebih besar terhadap BMRI, demi peningkatan ukuran profitabilitas. Di sisi lain, Pefindo dapat menurunkan peringkat jika MTF tidak lagi menjadi anak perusahaan induk dari BMRI.

Tekanan tersebut bisa saja terjadi jika BMRI merevisi strategi bisnis dan mengurangi dukungan serta komitmen terhadap MTF, atau jika MTF gagal menjalankan bisnis sesuai dengan harapan induk perusahaan.

Peringkat tersebut bisa berubah, jika perusahaan mengalami penurunan dari sisi kualitas aset. MTF sendiri adalah perusahaan pembiayaan mobil yang sahamnya dimiliki Bank Mandiri sebesar 51%. Sedangkan 49% saham milik PT Tunas Ridean, yaitu salah satu perusahaan otomotif terkemuka di Indonesia.

Sampai dengan 30 Juni 2018, Mandiri Tunas Finance telah memiliki 102 kantor cabang yang tersebar di wilayah Jawa, Sumatera, Kalimantan, Bali dan Sulawesi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News




TERBARU
Kontan Academy
EVolution Seminar Supply Chain Management on Sales and Operations Planning (S&OP)

[X]
×